Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BPJS Ketenagakerjaan Akan Bangun Rusunawa Khusus Buruh

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan akan membangun empat twin block rumah susun sederhana sewa atau rusunawa di Jawa Tengah yang diperuntukkan bagi peserta di lembaga ini.

Bisnis.com, SEMARANG—Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan akan membangun empat twin block rumah susun sederhana sewa atau rusunawa di Jawa Tengah yang  diperuntukkan bagi peserta di lembaga ini.

Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan Elvyn G. Masassya mengatakan pembangunan empat twin block akan direalisasikan pada tahun ini namun mempertimbangkan ketersedian lahan.

Secara spesifik, pihaknya tidak menyebut lokasi pembangunan twin block di Jateng yang diperuntukkan bagi peserta BPJS Ketenagakerjaan sektor formal atau pekerja penerima upah dengan syarat kepersertaan minimal satu tahun.

“Untuk lokasi menyesuaikan kesiapan lahan. Dalam satu unit twin block akan menampung sekitar 400 orang,” papar Elvyn setelah menemui Gubernur Jateng di Kantor Gubernuran Semarang, Selasa (13/1/2015).

Pembangunan rusunawa, ujarnya, merupakan kepedulian BPJS Ketenagakerjaan terhadap tenaga kerja yang telah bergabung sebagai peserta. Elvyn menerangkan kesiapan untuk operasional pada 1 Juli tahun ini yakni memperluas akses dengan membuka 150 kantor cabang baru termasuk di Jateng dan penambahan 17 kantor yang dapat digunakan untuk pendaftaran dan klaim.

Menurutnya, posisi kepersertaan di Jateng masih minim jumlah kepesertaan. Dari jumlah pekerja formal sekitar 16 juta orang, ujarnya, baru 1 juta yang terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan.

“Bagi perusahaan yang tidak patuh akan dilakukan pendekatan persuasif. Jika perusahaan yang sengaja melanggar akan dikenakan sanksi berupa denda dan penghentian layanan publik,” paparnya.  

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menyatakan kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan sangat minim. Pihaknya mendorong kalangan pengusaha untuk mendaftarkan pekerjanya sebagai peserta lembaga yang dulu bernama PT Jamsostek ini.

Terkait rusunawa, pihaknya akan menyediakan lahan untuk pembangunan rusunawa yang berdekatan dengan perusahaan pekerja tersebut.

“Sebagai contoh rusunawa di Batam sudah bagus. Saya ingin pekerja bisa merasakan kenyamanan adanya rusunawa tersebut,” paparnya.

 Ganjar mengatakan pilihan lokasi pembangunan rusunawa untuk buruh antara lain Semarang, Solo, Karanganyar, Boyolali dan Kendal atau kota yang berdekatan dengan kawasan industri karena dapat memangkas biaya transportasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Khamdi
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper