Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gaji Pilot: Di American Airlines Bakal Naik 23%. Bagaimana di Indonesia?

Serikat pilot American Airlines Group Inc. menerima kesepakatan sementara yang menetapkan kenaikan gaji pilot sebesar 23%. Kenaikan ini akan diikuti oleh kenaikan gaji tambahan setiap tahunnya.
American Airlines/Reuters
American Airlines/Reuters

Bisnis.com, DALLAS—Serikat pilot American Airlines Group Inc. menerima kesepakatan sementara yang menetapkan kenaikan gaji pilot sebesar 23%. Kenaikan ini akan diikuti oleh kenaikan gaji tambahan setiap tahunnya.

Perjanjian lima tahun ini disepakati oleh para pemimpin Asosiasi Pilot dan harus melalui persetujuan suara anggota setelah keredaksian isi kontrak selesai.

American Airlines Group Inc. ingin cepat mencapai kontrak baru sehingga karyawan di masing-masing kelompok kerja memiliki kejelasan mengenai skala upah dan peraturan kerja, serta demi peningkatan efisiensi.

Maskapai ini membuka tawaran terakhir atas kontrak karyawan, termasuk kenaikan gaji awal sebesar 4%, setelah mengirim sengketa ke arbitrase. Kesepakatan ini telah melalui pembicaraan intensif selama dua hari dengan dewan serikat.

“Target kami adalah untuk menyelesaikan negosiasi dan mengantarkan kemungkinan hasil terbaik bagi pilot kami,” ujar pengurus serikat pekerja, seperti dikutip dari Bloomberg, Senin (5/1/2015).

Sementara itu, dalam pernyataan resmi, maskapai asal Amerika ini memaparkan bahwa perusahaan puas jika pilotnya mendapatkan hak suara dalam kontrak mereka.

Sehingga, menurut perusahaan, hak tersebut memperjelas kontribusi pilot terhadap maskapai.

Pilot paling berpengalaman dari maskapai ini dibayar dengan gaji rata-rata tahunan sebesar US$213.800, atau US$38.000 lebih rendah dari rekan-rekan mereka di Delta Air Lines Inc (DAL), menurut data yang dikumpulkan oleh Darby.

Delta Air Lines memiliki upah rata-rata tertinggi bagi pilot berpengalamannya, dibandingkan dengan maskapai lain di Amerika Serikat.

Jika perjanjian ini mendapatkan suara pendukung, maka pilot akan mendapatkan kenaikan dengan sistem berlaku surut terhitung sejak 2 Desember 2014 sebesar 23%.

Pada 1 Januari kenaikan berkurang menjadi 3% dan berlaku untuk empat tahun ke depan hingga 2019.

Kontrak dengan American Airlines Group akan menjamin 15.000 pilot dari AS dan partner gabungannya, US Airways.

Lantas, kira-kira akan kenaikan gaji pilot ini bakal menular ke Indonesia? Apa komentar Anda?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hadijah Alaydrus
Editor : Saeno
Sumber : Bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper