Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

SATU SAPI SATU PETANI: Sumbar Siapkan Anggaran Rp15 Miliar

Pemerintah Provinsi Sumatra Barat menganggarkan dana untuk pengembangan peternakan sapi dari APBD dan APBN senilai Rp15 miliar pada 2015 melalui program satu sapi satu petani.
Heri Faisal
Heri Faisal - Bisnis.com 26 Desember 2014  |  15:26 WIB
Bursa Sapi - Antara
Bursa Sapi - Antara

Bisnis.com, PADANG - Pemerintah Provinsi Sumatra Barat menganggarkan dana untuk pengembangan peternakan sapi dari APBD dan APBN senilai Rp15 miliar pada 2015 melalui program satu sapi satu petani.

Kepala Dinas Peternakan Sumbar Erinaldi menyebutkan pemerintah setempat kembali mengenjot produktifitas sapi dengan melanjutkan program satu sapi satu petani untuk mengejar swasembada daging.

“Kalau untuk kebutuhan Sumbar sudah terpenuhi, tetapi kami ingin mengejar swasembada daging dan kesejahteraan petani,” katanya, Jumat (26/12/2014).

Dia menuturkan untuk tahun 2015 Pemprov Sumbar menganggarkan hingga Rp15 miliar melalui APBD dan APBN untuk pengembangan sapi. Dana itu diberikan dalam bentuk bantuan 1.400 ekor sapi kepada 1.400 KK keluarga peternak/petani.

Kemudian, petani juga diberikan pelatihan dan pembimbingan melalui kelompok tani. Serta bantuan kandang dan bibit rumput untuk menunjang kegiatan petani.

Erinaldi menyebutkan program yang sudah dimulai sejak beberapa tahun lalu itu, sudah menunjukkan hasil dengan semakin terpenuhinya stok daging di Sumbar. Bahkan, provinsi tersebut sudah memasok kebutuhan daging untuk Riau dan Jambi.

Sampai akhir tahun ini stok sapi di Sumbar sudah mencapai 29.248 ekor sapi dari 16.943 KK. Jumlah itu menurutnya harus terus ditambah, karena kebutuhan sapi di Sumbar terbilang besar, terutama menjelang Ramadan dan Lebaran.

Sebelumnya, Menteri Pertanian Amran Sulaiman mendesak Pemprov Sumbar mengejar swasembada sapi sebagai bagian dari upaya mempercepat ketahanan pangan nasional, selain meningkatkan produksi produk pertanian padi dan jagung.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

swasembada daging
Editor : Sepudin Zuhri
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top