Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Libur Akhir Tahun, PT KAI Jamin Kelancaran Operasional

PT Kereta Api Indonesia (KAI) menjamin kelancaran operasional kereta api untuk jalur Jawa Barat hingga Jawa Timut menyambut Natal dan Tahun Baru 2015.

Bisnis.com, SEMARANG—PT Kereta Api Indonesia (KAI) menjamin kelancaran operasional kereta api untuk jalur Jawa Barat hingga Jawa Timut menyambut Natal dan Tahun Baru 2015.

PT KAI sebelumnya melakukan inspeksi ke sejumlah stasiun mulai dari Gambir-Cirebon-Semarang Tawang-Surabaya Pasar Turi, Surabaya Gubeng-Jember-Mojokerto-Madiun dan dilanjutkan ke Madiun-Yogya-Kroya-Bandung.

Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro menyatakan pengecekan rel dan stasiun telah dilakukan bersama tim guna mendukung kesuksesan penyelenggaran angkutan Natal 2014 dan Tahun Baru 2015.  Oleh karena itu, pihaknya menjamin kelancaraan operasional kereta api.

“Kebetulan pelaksanaan Natal dan Tahun Baru bersamaan musim penghujan, makanya kami mengantisipasinya dengan menyiagakan Alat Material Untuk Siaga (AMUS) di titik-titik yang dianggap rawan,” papar Edi, Jumat (19/12).
 
Penjagaan intensif di daerah-daerah rawan, lanjutnya, diberlakukan dengan menerjunkan Petugas Pemeriksa Jalan (PPJ) ekstra untuk menjaga daerah-daerah tersebut selama 24 jam.

”Keselamatan harus jadi yang utama,” ujarnya.

Edi menekankan setiap pegawai PT KAI meningkatkan kewaspadaan dan kesigapan khususnya dalam pelaksanaan angkutan Natal 2014 dan Tahun Baru 2015.

Sementara dari segi sarana, sebanyak 411 unit lokomotif, yang terdiri dari 371 lokomotif dinas dan 40 cadangan, dan 1516 unit kereta yang terdiri dari 1364 stamformasi dan 152 kereta cadangan pun disiagakan untuk mendukung kelancaran operasional KA pada masa liburan akhir tahun ini.

Selain itu, menurut Eidi, aspek pelayanan pun tidak luput dari pengecekan. Dimulai dari loket di stasiun, customer service, ruang tunggu, kebersihan stasiun, hingga fasilitas-fasilitas pendukung yang ada di stasiun.

“Kami harus memberikan pelayanan yang terbaik kepada penumpang KA. Semua fasilitas yang ada di stasiun maupun di dalam kereta harus berfungsi dengan baik, dan jangan pernah lelah untuk terus melayani”, paparnya.

Terkait ketersediaan tiket, lanjut Edi, untuk tanggal-tanggal favorit ke beberapa kota tujuan memang sebagian besar sudah habis. Oleh sebab itu, T KAI menyarankan kepada masyarakat yang tetap ingin menggunakan kereta sebagai moda transportasi untuk mudik ke kampung halaman untuk memilih tanggal keberangkatan di luar tanggal-tanggal favorit tersebut.

Calon penumpang dapat mengecek ketersediaan tempat duduk melalui website http://tiket.kereta-api.co.id, aplikasi KAI Access yang dapat diunduh di ponsel pintar, atau melalui telepon ke Contact Center KAI121.

PT KAI mengimbau kepada calon penumpang untuk membawa ID card yang sesuai dengan yang tercetak di tiket dan segera mencetak tiket yang telah dipesan via non-loket-stasiun melalui mesin cetak tiket mandiri (CTM) yang tersedia di stasiun.

Hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya antrian panjang pencetakan tiket yang sering terjadi sesaat sebelum keberangkatan KA dan menghindari pudar/hilangnya tulisan pada struk pembayaran tiket.

Dari hasil inspeksi jajaran manajemen PT KAI selama tiga hari ke seluruh lintas, Edi berkomitmen tahun ini PT KAI siap mengulang kesuksesan pelaksanaan angkutan Natal dan Tahun Baru seperti tahun sebelumnya.

“Sepanjang lintasan KA dari Jawa hingga Sumatera 100% sudah siap,” ujarnya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Muhammad Khamdi
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper