Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

LIBUR NATAL DAN TAHUN BARU: PT KAI Tambah Frekuensi Jalur Semarang-Purwokerto

PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional (Daops) IV Semarang menambah frekuensi perjalanan KA Kamandaka jurusan Semarang Tawang Purwokerto (PP), untuk mengantisipasi lonjakan permintaan penumpang menjelang angkutan Natal dan Tahun Baru.
Ilustrasi/ Jibi
Ilustrasi/ Jibi

Bisnis.com,SEMARANG—PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional (Daops) IV Semarang menambah frekuensi perjalanan KA Kamandaka jurusan Semarang Tawang – Purwokerto (PP), untuk mengantisipasi lonjakan permintaan penumpang menjelang angkutan Natal dan Tahun Baru.

Manajer Humas PT KAI Daops IV Semarang Suprapto mengatakan selama ini KA Kamandaka biasanya melakukan perjalanan satu kali dalam sehari. Oleh karena itu, mulai 19-31 Desember 2014, perjalanan bertambah dari sebelumnya hanya satu kali perjalanan menjadi tiga kali perjalanan (Pulang-Pergi).

“Mulai hari ini menjadi tiga kali sehari (6 Perjalanan PP). Dengan Kapasitas daya angkut adalah 636 penumpang setiap rangkaian kereta apinya,” papar Suprapto, Jumat (19/12/2014).

Acara peresmian peluncuran KA Kamandaka tambahan ini dilaksanakan pd perjalanan KA Kamandaka pertama dari Stasiun Semarang Tawang yang berangkat pada pukul 05.00 WIB oleh Kepala PT KAI Daop IV Semarang, Wawan Ariyanto.

Hadir dalam acara peresmian ini para tamu undangan dari perwakilan Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Tengah dan para anggota komunitas pecinta kereta api.
Wawan Ariyanto menuturkan latar belakang penambahan perjalanan menjadi tiga kali dalam sehari mengingat tingkat okupansi perjalanan KA Kamandaka dalam per hari mencapai 150%.

“Hal ini tidak lepas dari pengaruh kemacetan di jalur pantura akibat adanya perbaikan di sejumlah titik, sehingga menyebabkan masyarakat menjadikan transportasi kereta api sebagai transportasi favoritnya,” papar Wawan.

Dalam acara launching, pihak PT KAI Daop IV Semarang mengajak para anggota komunitas pecinta kereta yang berada di wilayah Semarang seperti komunitas KRDE (komunitas rail fans daop empat) dan komunitas IRPS (indonesian railways preservation  society).

Lebih kurang 60 anggota pecinta kereta api ikut bergabung. Jumlah penumpang umum yang naik dalam perjalanan perdana KA Kamandaka tambahan ini, berjumlah 473 penumpang dari 636 tempat duduk yang disediakan.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper