Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Minyak Atsiri Lebak Tembus Pasar Eropa dan Amerika Serikat

Produk minyak atsiri Kabupaten Lebak, Banten menembus pasar ekspor ke beberapa negara di Benua Eropa dan Amerika Serikat.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Produk minyak atsiri Kabupaten Lebak, Banten menembus pasar ekspor ke beberapa negara di Benua Eropa dan Amerika Serikat.

"Kami terus mendorong pelaku kerajinan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) bidang usaha minyak atsiri berkembang sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Lebak Wawan Ruswandi, Rabu (16/12).

Dia menjelaskan produk minyak atsiri Lebak yang menembus pasar mancanegara itu melalui eskportir perusahaan dari Cianjur, Jawa Barat.

Produk unggulan daerah itu tentu mengharumkan nama Kabupaten Lebak di internasional.

Sebab, pada label kemasan botol minyak atsiri itu terdapat keterangan hasil perajin UKM Lebak.

Kelebihan produk minyak atsiri Kabupaten Lebak memiliki kualitas cukup bagus setelah dilakukan pengujian laboratorium oleh ekportir dari Cianjur itu.

Mereka para eksportir menjual produk UMK Lebak seharga Rp20 juta/kilogram, sedangkan dari perajin Rp 150 ribu/ kilogram.

"Kami berharap kerajinan ini berkembang guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ujarnya.

Menurut dia, pemerintah daerah terus mengembangkan kerajinan minyak atsiri guna mendukung proses percepatan pembangunan.

Selain itu juga dilakukan promosi melalui pameran-pameran daerah untuk diketahui masyarakat luas.

Selama ini, ujar dia, UKM produk minyak atsiri berkembang di Kecamatan Bayah yang terdapat perkebunan cengkih sebagai dasar bahan baku produk.

"Kami yakin kerajinan minyak atsiri bisa menyerap lapangan pekerjaan bagi masyarakat," katanya.

Eman, seorang perajin mengaku bahwa minyak atsiri dari Kabupaten Lebak itu memiliki keunggulan, selain tidak menggunakan bahan pengawet juga mengeluarkan aroma yang tidak menyengat hidung.

Manfaatnya cukup besar kesehatan tubuh, digunakan untuk pengobatan masuk angin, patah kaki, gejala pusing-pusing, darah tinggi, kolestorel, dan penyakit lainnya.

"Karena keunggulan itulah kemungkinan yang membuat minyak atsiri memiliki daya tarik tersendiri bagi konsumen di luar negeri," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper