Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jepang Buka Pasar Produk Olahan Ayam Indonesia

Kementerian Pertanian menyatakan Jepang telah membuka kembali pasar produk olahan ayam Indonesia setelah 11 tahun lamanya dilakukan pelarangan ekspor perihal virus Avian Influenza atau flu burung yang menjangkiti ayam dalam negeri.

Bisnis.com, JAKARTA -- Kementerian Pertanian menyatakan Jepang telah membuka kembali pasar produk olahan ayam Indonesia setelah 11 tahun lamanya dilakukan pelarangan ekspor perihal virus Avian Influenza atau flu burung yang menjangkiti ayam dalam negeri.

Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementan Syukur Iwantoro mengatakan terhitung 25 November 2014, 3 perusahaan olahan ayam telah disetujui Otoritas Jepang untuk memasarkan produk ayam olahan ke negeri Sakura.

Ketiga perusahaan yang telah melewati serangkaian audit kelayakan tersebut yaitu PT Japfa Comfeed Tbk, PT Charoen Pokphand Indonesia TBK dan PT Malindo Feedmil TBK.

“Baru 3 dari 4 yang sudah disetujui, karena ada beberapa yang diminta untuk diperbaiki oleh tim editor Jepang dan masih belum selesai perbaikannya,” katanya kepada Bisnis, Rabu, (26/11/2014).

Syukur mengatakan Jepang merupakan pasar potensial dengan permintaan tinggi, yang membuat Indonesia berusaha menghilangkan virus flu burung dengan vaksin buatan sendiri selama ini.

Menurutnya, pesaing terbesar produk olahan ayam di Jepang berasal dari Thailand, Brazil dan Tiongkok mengingat kualitas dan rasa produk yang tidak jauh berbeda.

“Yang kita waspadai dari mereka itu adalah aspek harga, akibat dari lemahnya dukungan infrastuktur dan efisiensi rantai distribusinya,” katanya.

Syukur mengatakan nantinya kuota ekspor produk olahan ke Jepang akan ditentukan sendiri oleh perusahaan yang bersangkutan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Irene Agustine
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper