Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

2015, Garuda Semarang Buka Empat Rute Baru

PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. Cabang Semarang mengembangkan rute baru untuk empat wilayah dengan target okupansi 90% yang rencana bakal beroperasi awal 2015.

Bisnis.com,SEMARANG — PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. Cabang Semarang mengembangkan rute baru untuk empat wilayah dengan target okupansi 90% yang rencana bakal beroperasi awal 2015.

Rute baru tersebut antara lain Semarang-Sampit, Semarang-Balikpapan, Semarang-Banjarmasin dan Semarang-Bandung.

Harri Darmawan, Sales and Service Manager Garuda Cabang Semarang, mengatakan kesiapan membuka rute baru sudah tahap finalisasi. Saat ini, perseroan sedang mempersiapkan kru dan airport.

“Seluruh perizinan sudah turun. Kami antisipasi dengan perkembangan airport baru dengan dibukanya rute baru ini. Artinya dari Kementerian Perhubungan slotnya sudah turun. Awal tahun depan bisa beroperasi,” paparnya, disela-sela acara Media Gathering di Semarang, Rabu (26/11/2014).

Pembukaan rute baru tersebut, kata dia, sesuai dengan hasil survei dan kebutuhan masyarakat dengan prediksi traffic penumpang cukup banyak. Apalagi, ujar Harri, perseroan membidik pelaku usaha maupun pekerja yang memiliki mobilitas tinggi di empat rute tersebut.

Dia mengatakan penerbangan Garuda dari Semarang saat ini masih terfokus tiga rute yakni Semarang-Jakarta, Semarang-Denpasar dan Semarang-Jakarta.

Harri memaparkan tingkat okupansi Semarang-Jakarta berkisar 85% atau fluktuatif. Dia mengatakan Semarang memiliki keunikan dimana pada hari libur nasional atau weekend, okupansi penumpang tidak terlalu banyak. Adapun okupansi Semarang-Surabaya berkisar 80% dan Semarang-Denpasar menduduki posisi tertinggi atau traffic penumpang cukup banyak yakni 90%.

“Makanya kami menggandeng dengan asosiasi dan pelaku industri seperti hotel,” paparnya.

Menjelang Natal dan Tahun Baru, Harri mengatakan tidak ada penambahan armada pesawat. Namun demikian, pihaknya menargetkan tingkat okupansi penumpang pada hari tersebut yakni 90%.

Antisipasi pelonjakan penumpang pada Natal, katanya, perseroan akan memaksimalkan sembilan flight yang sudah ada.

“Kami tidak ingin penambahan armada justru terlihat kosong. Jadi kami maksimalkan armada yang ada,” paparnya.

General Manager Garuda Indonesia Branch Office Semarang Flora Izza mengatakan Garuda Indonesia telah mengganti pesawat Bombardier CRJ1000 NG dengan pesawat Boeing 737-800 Next Generation (NG) untuk rute penerbangan Semarang-Bali, mulai 7 November tahun ini.

Selama ini, penerbangan Semarang-Bali menggunakan pesawat Bombardier CRJ1000 NG yang memiliki kapasitas penumpang 96 kursi.

“Pesawat Boeing 737-800 NG itu memuat kapasitas 162 penumpang, jadi otomatis nambah penumpang sekitar 50%,” paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Khamdi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper