Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ternyata, 70% Daerah Tertinggal Berada di Indonesia Timur

Data Badan Pusat Statistik 2014 serta Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi tahun ini mencatat 70% daerah tertinggal di Indonesia berada di Kawasan Timur Indonesia.
Pamuji Tri Nastiti
Pamuji Tri Nastiti - Bisnis.com 15 November 2014  |  19:50 WIB
Ternyata, 70% Daerah Tertinggal Berada di Indonesia Timur
Ilustrasi - Bisnis.com
Bagikan

Bisnis.com, YOGYAKARTA - Data Badan Pusat Statistik 2014 serta Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi tahun ini mencatat 70% daerah tertinggal di Indonesia berada di Kawasan Timur Indonesia.

Hal itu diungkap Ekonom UGM Mudrajad Kuncoro dalam Seminar 'Membangun Indonesia dari Desa dan Pinggiran' di Fakultas Ekonomika Bisnis, Universitas Gadjah Mada Yogya, Sabtu (15/11/2014).

Mudrajad mengatakan penentuan daerah tertinggal itu berdasarkan enam kriteria meliputi perekonomian masyarakat, SDM, juga infrastruktur.

"Tiga lainnya melihat kemampuan keuangan lokal, aksesibilitas, serta karakteristik daerah," ujarnya.

Sesuai data BPS 2014, katanya, total terdapat 183 daerah tertinggal di Tanah Air, dengan target pengentasan sesuai RPJMN pemerintahan 2010-2014 tidak sampai separuhnya.

"Data nasional ada 183 daerah tertinggal dan setidaknya baru 50 wilayah yang janji dituntaskan lima tahun terakhir. Enggak sampai separuh dari jumlah yang ada. Daerah tertinggal itu 70%-nya di KTI," jelasnya.

Di KTI, ujarnya, wilayah tertinggal diantaranya berada di daerah perbatasan Indonesia-Malaysia di Kalimantan Utara, yakni Kabupaten Nunukan, Malinau, dan Kutai Barat.

Data yang ada menunjukkan sebaran daerah tertinggal didominasi wilayah timur Indonesia, bahkan di Provinsi Sulawesi Barat mencatat lima kabupaten/kota yang ada masuk kategori daerah tertinggal.

Selain itu daerah tertinggal tersebar diantaranya di Papua (93 %), Sulawesi Tengah (91%), Maluku Utara (78%), Sulawesi Tenggara (75%), dan wilayah lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

daerah tertinggal
Editor : Sepudin Zuhri
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top