Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemkot Cimahi Gelar Event Industri Kreatif

Pemkot Cimahi kembali akan menggelar event internasional bagi pelaku industri kreatif khususnya animasi bertajuk Baros International Animation Festival (BIAF) 2014 pada 27-30 November 2014.
Pameran Industri Kreatif/Antara
Pameran Industri Kreatif/Antara
Bisnis.com, BANDUNG - Pemkot Cimahi kembali akan menggelar event internasional bagi pelaku industri kreatif khususnya animasi bertajuk Baros International Animation Festival (BIAF) 2014 pada 27-30 November 2014.
  
Pemkot sendiri menjamin, event kali ini akan jauh lebih spektakuler dari gelaran yang sama tahun sebelumnya dimana partisipan yang terlibat berasal dari sejumlah negara yang telah lebih dulu eksis dengan animasinya.
 
Kepala Seksi Promosi Investasi Kantor Penanaman Modal Pemkot Cimahi, Rini Mulyani mengungkapkan, tema festival animasi pada tahun ini mengusung 'Hidden Talents Global Exposure'. Sesuai dengan spirit yang termaktub pada tema tersebut, pemerintah kota juga mengharapkan menemukan bakat terpendam animator baru.
 
"Dengan event seperti ini, Kota Cimahi ingin menegaskan diri sebagai destinasi budaya kreatif khususnya bidang animasi," katanya, Rabu (12/11/2014).
 
Dia menyebutkan, animator yang telah memastikan diri untuk hadir pada kegiatan tersebut berasal dari tujuh negara seperti Singapura, Malaysia, Perancis, Belanda, Iran, Filipina dan Jerman. 
 
Pada kegiatan yang diinisiasi oleh Cimahi Creative Association (CCA), Baros Information and Technology Creative (BITC) dan Pemkot Cimahi ini akan menampilkan berbagai kegiatan serba berbau animasi dan ekonomi kreatif. 
 
Antara lain talkshow, workshop, kompetisi film pendek animasi dengan tema cerita rakyat, pameran, exhibition, masterclass dan lain-lain. Para pengunjung, mulai dari siswa sekolah hingga masyarakat umum akan mendapatkan banyak inspirasi tentang animasi lewat acara ini.
 
"Masyarakat biasanya mengapresiasi kegiatan yang kami laksanakan dan kami pun ingin memberikan ruang bagi para pelaku animasi," ujarnya.
 
Dalam acara tersebut, para animator dan pegiat ekonomi kreatif yang karyanya telah diakui dunia pun akan berkumpul mulai dari aktor dibalik layar studio animasi dalam dan luar negeri, production house, investor, pemangku kebijakan, dan juga masyarakat yang mempunyai minat yang besar terhadap animasi.
 
"Sejumlah tokoh yang akan hadir diantaranya Achmad Rofiq (CEO of DG Maxinema), Adhicipta Wirawan (CEO of Mechanimotion), Andre Surya (CEO of Enspire Studio) dan Backbone Entertainment Animation Studio Malaysia," ujarnya. 
 
Selain itu, akan hadir juga Bastien Dubois (Director of "Madagascar, a Journey Diary"), dia adalah peraih nominasi oscar best short film animated tahun 2011. 
 
Ada juga Chris Lie yang merupakan senior illustrator dan Comic Artist Indonesia, Hong Sin Kwek (CEO of Phoenixict and Founder of Crowdfunding Asia) dan Jakob Schur Director of "The Gruffalo", peraih nominasi oscar best short film Animated tahun 2011.
 
"Selain itu, hadir pula Rini Sugianto yang merupakan animator of The Adventure of Tintin" and The Hobbit, Ronny Gani animator of Pacific Rim and The Avengers, Sir Hugo Boboy Yonzon Visual Artist Philippines dan Toni Masdiono yang merupakan senior comic artist Indonesian," ujarnya.
 
Tak hanya itu, pihaknya pun akan mendatangkan Kampoong Monster Animation Studio Indonesia, LES' COPAQUE Production Company si pembuat Upin Ipin, komposer film Indonesia Jodi Handoyo, M.Abolhassani (CEO of NAS Animation Studio), MD Animation 
dari Animation Studio Indonesia, MDEC Multimedia Development Corporation.
 
"Agar lebih berbda kami pun akan menampilkan aksi Jodi Handoyo untuk sinekonser. Komposer Indonesia ini akan menampilkan penampilan yang berbeda dan memanjakan para pengunjung yang datang," ucapnya. 
 
Panitia pun memberikan kesempatan kepada masyarakat luas untuk mengikuti kompetisi film pendek secara gratis dengan mendaftar terlebih diwww.biaf.co.id. Untuk jurunya dilakukan oleh animator profesional yang bisa menggali potensi bangsa Indonesia.
 
"Mereka yang berminat untuk mengikuti kompetisi ini terbilang tinggi, saat ini sudah ada 1000 orang yang mendaftarkan karyanya melalui website kami," paparnya.(k6)
Your message has been sent.
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Herdi Ardia
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper