Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Indonesia tak Kekurangan Arsitek

Sekretaris Jenderal Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Satrio S. Herlambang mengatakan selama ini koordinasi masih lemah antar kementerian dan lembaga sendiri, dengan strategi gotong royong yang dicanangkan Menteri Pariwisata akan berdampak positif terhadap industri arsitektur dalam negeri.
Nenden Sekar Arum
Nenden Sekar Arum - Bisnis.com 11 November 2014  |  20:51 WIB
Indonesia tak Kekurangan Arsitek
Sebuah forum penghargaan bagi arsitek - Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--Sekretaris Jenderal Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Satrio S. Herlambang mengatakan selama ini koordinasi masih lemah antar kementerian dan lembaga sendiri, dengan strategi gotong royong yang dicanangkan Menteri Pariwisata akan berdampak positif terhadap industri arsitektur dalam negeri.

Satrio juga menjelaskan saat ini Indonesia tidak kekurangan arsitek sebagai sumber daya manusia. Sekitar 15.000 arsitek hingga saat ini terdaftar sebagai anggota IAI, dan 3.500 di antaranya telah meliki sertifikat profesional.

"Sekarang bagaimana caranya mendorong arsitek lainnya untuk mengikuti sertifikasi sehingga berdaya saing, caranya dengan mempermudah proses sertifikasi," katanya kepada Bisnis, Selasa (11/11/2014).

Adapun, rata-rata dalam setiap tahunnya puluhan ribu karya berhasil diciptakan oleh para arsitek, dan 50% di antaranya diikutkan lelang dan diimplementasikan dalam pembangunan.

Sementara itu, Menteri Pariwisata Arief Yahya menargetkan kontribusi ekonomi kreatif subsektor arsitektur terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) tumbuh dua kali lipat dalam 5 tahun.

Sepanjang tahun lalu, subsektor arsitektur menyumbang sekitar Rp12 triliun, sehingga pada 2019 akan mencapai Rp24 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

arsitektur
Editor : Ismail Fahmi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top