Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PENGAWASAN PENYAKIT UDANG: Kerja Sama KKP-FAO Diperpanjang

Kementerian Kelautan dan Perikanan melakukan penandatanganan nota kesepahaman dengan Food Agriculture Organization (FAO) dalam bidang monitoring, pelaporan dan pengawalan di bidang penyakit, khususnya produksi udang dalam negeri.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Kelautan dan Perikanan melakukan penandatanganan nota kesepahaman dengan Food Agriculture Organization (FAO) dalam bidang monitoring, pelaporan dan pengawalan di bidang penyakit, khususnya produksi udang dalam negeri.

Direktur Jenderal Perikanan Budidaya KKP Slamet Soebjakto mengatakan perjanjian ini merupakan perpanjangan dari kerjasama tahun lalu untuk mengawal jaminan sertifikasi produksi udang yang waktu temponya telah habis.

“Dimulai tahun lalu, tapi kembali diperbaharui tahun ini. Mereka tertarik dengan monitoring, pelaporan dan pengawalan kita yang bebas penyakit udang seperti EMS kemarin, “ katanya di Gedung JCC, (26/8/2014).

Menurut Slamet, kerjasama dengan lembaga pangan dunia tersebut sangat menguntungkan Indonesia kerena menunjukkan keunggulan produk udang Indonesia yang bebas penyakitm residu antibiotic sehingga keterimaan di tingkat internasional lebih luas.

“Termasuk sistem penanganan, surveillance penyakit sehingga kita bebas EMS sampai penanganan cepat. Kerjasamanya yang diberikan dalam rangka pendampingan, pelatihan, penyediaan peralatan, dan sebagainya,” katanya.

Menteri Kelautan Sharif Cicip Sutardjo juga mengapresiasi produksi udang Indonesia yang dengan penanganan yang tepat bisa terbebas dari penyakit Early Mortality Syndrome (EMS).

“Disaat udang asal Vietnam, Thailand, dan Malaysia terkena penyakit ini, udang kita bebas dari EMS,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Irene Agustine
Editor : Sepudin Zuhri

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper