Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mari Pangestu genjot promosi wisata Indonesia di Tiongkok

Mari Elka Pangestu terus menggenjot promosi pariwisata Indonesia di luar negeri, khususnya Tiongkok. Itu dilakukannya untuk mencapai target kunjungan wisman tahun 2014 dari China sebanyak sejuta wisatawan.

Bisnis.com, JAKARTA - Mari Elka Pangestu terus menggenjot promosi pariwisata Indonesia di luar negeri, khususnya Tiongkok. Itu dilakukannya untuk mencapai target kunjungan wisman tahun 2014 dari China sebanyak sejuta wisatawan.

Dari negeri komunis itu diharapkan devisa sebesar Rp10,4 triliun. Itulah sebabnya Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ini menggandeng industri pariwisata Indonesia aktif pada kegiatan China (Guangdong) International Tourism mart (CITM) 2014. Hajatan itu digelar pada 29-31 Agustus, di China Import Export Fair Complex, Guangzhou.

China (Guangdong) International Tourism Mart (CITM) 2014 atau dahulunya dinamakan China (Guangdong) International Tourism Industry expo (CITIE) merupakan pameran pariwisata terbesar di provinsi Guangdong yang bersifat Trade dan Consumer Show. Tahun lalu CITM diikuti 45 negara dari 3.000 exhibitor dengan kunjungan publik sejumlah 500.000 pengunjung/hari.

Kemenparekraf tahun ini untuk pertama kal berpartisipasi bersama industri pariwisata dan akan menyewa lahan seluas 54 sqm (enam booth). Adapun agenda kegiatan pada CITM Guangdon meliputi pelayanan informasi pariwisata Indonesia, Press Conference, pertunjukan kesenian, coffee Corner, pembagian cinderamata dan pendistribusian bahan-bahan promosi pariwisata.

Mari tidak hanya ke Guangzhou, akan tetapi juga Shanghai. Mari lahir di Jakarta, 23 Oktober 1956. Ibu dua anak ini sebelumnya adalah Menteri Perdagangan Indonesia sejak 21 Oktober 2004. Ia adalah wanita Tionghoa-Indonesia pertama yang memegang jabatan sebagai menteri di Indonesia.

Menuru catatan Bisnis, ayah Mari adalah ekonom terkenal yaitu J. Panglaykim. Ia memperoleh gelar Bachelor dan Master of Economics dari the Australian National University, serta gelar Ph.D. dalam bidang Perdagangan Internasional, Keuangan, dan Ekonomi Moneter dari Universitas California, Davis pada 1986.

Sebelumnya, selain sebagai peneliti, ia juga aktif mengajar di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia dan  ekonom dari CSIS. Pada tanggal 18 Oktober 2011, berkaitan dengan reshuffle Kabinet Indonesia Bersatu II, Mari dipindahkan sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggantikan Jero Wacik.

Mari Pangestu menikah dengan Adi Harsono dan memiliki dua orang anak yaitu Raymond dan Arya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lahyanto Nadie
Editor : Lahyanto Nadie

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper