Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

MUDIK GRATIS LEBARAN: Ayo, Masih Tersedia Tempat dengan KA dan Kapal Laut

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) masih menyediakan tempat bagi 468 unit sepeda motor dengan 929 orang, dan arus balik 621 unit sepeda motor dengan 967 orang, yang akan mengikuti mudik gratis dengan kereta api (KA) dan Kapal ro-ro.
 Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) masih menyediakan tempat bagi 468 unit sepeda motor dengan 929 orang, dan arus balik 621 unit sepeda motor dengan 967 orang, yang akan mengikuti mudik gratis dengan kereta api (KA).

Sementara itu, untuk angkutan Kapal ro-ro  kuota masih tersedia bagi 1.200 sepeda motor untuk tujuan Tegal, Jawa Tengah, dan  Cirebon, Jawa Barat. Untuk kapal tujuan Lampung, kuota masih tersedia sebanyak 900 sepeda motor.

Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementrian Perhubungan JA Barata mengatakan pihaknya telah mendaftar 1.481 pendaftar angkutan sepeda motor dengan kereta api pada gelombang pertama  Mei 2014, dan untuk arus balik sebanyak 1.313.

“Total kuota angkutan yang masih tersedia baik mudik maupun arus balik dengan kereta api sebanyak 2.000 sepeda motor,” katanya.

Angkutan mudik dengan truk, lanjut Barata, hingga hari kelima pendaftaran sudah tercatat 1.187 sepeda motor yang berminat, sehingga kuota yang masih tersedia sebanyak 1.000 sepeda motor hingga periode daftar berakhir.

"Hingga saat ini tujuan yang dipilih masyarakat untuk tujuan Tasikmalaya, Kebumen, Purwokerto, Yogyakarta, Solo, Wonogiri, Wonosobo, dan Magelang. Sedangakn untuk arus balik Solo-Jakarta sudah terisi 100 sepeda motor," kata Barata.

Banjir Peminat

Menurut Barata, fasilitas mudik gratis yang disediakan Kemenhub dibanjiri  masyarakat yang berminat. Terhitung di hari kelima pendaftaran berdasarkan data terkini 5 Juli, kuota keberangkatan dua tahap yakni 24 dan 26 Juli 2014 sudah terpenuhi yakni masing-masing kapal sebanyak 1.250 sepeda motor.

Tak hanya keberangkatan saja, untuk arus balik, peminat mudik gratis dengan kapal laut pun sudah menunjukkan antusias yang tinggi. Pada pemulangan  dari pelabuhan Tanjung Emas Semarang,  2 Agustus kuotanya sudah terpenuhi 1.250 sepeda motor dan untuk balik tahap kedua yakni keberangkatan 4 Agustus sudah mencapai 80% atau 961 sepeda motor dan tersisa kuota 280.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nurbaiti
Editor : Nurbaiti
Sumber : setkab.go.id
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper