Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

INDONESIA-CHINA: Neraca Perdagangan Bisa Diperbaiki di Caexpo

Indonesia dinilai masih sebagai negara besar yang berpengaruh terhadap perdagangan antarnegara, terutama dengan China.
 Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA – Indonesia dinilai masih sebagai negara besar yang berpengaruh terhadap perdagangan antarnegara, terutama dengan China.

Terkait adanya penurunan pada permintaan beberapa komoditas asal Indonesia di China, Sekjen Caexpo Secretariat, Zheng Junjian menilai hal tersebut hanya masalah komunikasi antarpebisnis di masing-masing negara.

Jika hal ini bisa diatasi, maka kondisi perdagangan seperti masa sebelumnya bisa diperbaiki dan lebih baik lagi.

Masalah yang terjadi juga, menurut Zheng, tidak bisa merepresentasikan adanya masalah antarnegara sehingga perlu pembahasan mendalam dan lebih lanjut, semisal roundtable discuss antarpelaku bisnis.

“Jadi hal ini tidak hanya berkutat pada masalah supply dan demand antarnegara, tapi lebih pada komunikasi antarpelaku bisnis. Nah, lewat Caexpo tahun ini kita berharap masalah tersebut dapat terpecahkan dan dicari solusinya secara bersama-sama,” katanya kepada Bisnis.com, Jumat (6/6/2014)

Selama helat iven tersebut, panitia juga memastikan akan menyediakan fasilitas yang mumpuni dan lengkap, sehingga peserta bisa memaparkan bisnis dan peluang usaha mereka kepada pihak lain dengan baik.

Jika iven tahun ini berjalan sukses, bukan tidak mungkin banyak Negara di kawasan lain akan diundang untuk turut serta. Kerja sama yang telah berjalan juga akan ditingkatkan ke taraf yang lebih baik dibanding periode sebelumnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arif Gunawan
Editor : Nurbaiti
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper