Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BALITBANG KP Riset Budidaya Ikan Tuna Sirip Kuning

Badan Penelitian dan Pengembangan Kelautan dan Perikanan (Balitang KP) melakukan sejumlah riset perikanan tuna, termasuk pengembangan model budidaya dalam keramba jaring apung di tengah laut.
Fatkhul Maskur
Fatkhul Maskur - Bisnis.com 29 Mei 2014  |  21:10 WIB
Nelayan dengan ikan tuna hasil tangkapannya  - bisnis.com
Nelayan dengan ikan tuna hasil tangkapannya - bisnis.com

Bisnis.com, DENPASAR – Badan Penelitian dan Pengembangan Kelautan dan Perikanan (Balitang KP) melakukan sejumlah riset perikanan tuna, termasuk pengembangan model budidaya dalam keramba jaring apung di tengah laut.

Achmad Poernomo, Kepala Balitbang Kelautan dan Perikanan, mengatakan ikan tuna merupakan jenis ikan laut yang melakukan pergerakan cukup luas. Kegiatan riset budidaya ikan tuna ini dilakukan terhadap jenis tuna sirip kuning.

“Mungkin ini satu – satunya di Indonesia. Kalau di luar negeri hanya pembesaran. Pasalnya, di sini tidak hanya pembesaran, tetapi juga pemijahan ikan tuna jenis sirip kuning,” kata Poernomo dalam acara press tour di  di Loka Penelitian Perikanan Tuna (LPPT) Benoa, Kamis (29/5/2014).

Riset budidaya tersebut dilakukan untuk meningkatkan produksi ikan tuna Indonesia.

Selain itu, LPPT Benoa juga menjalin kerja sama dengan CSIRO Australia untuk memperoleh semua informasi yang tidak dapat diperoleh dari monitoring di pelabuhan – pelabuhan pendaratan tuna, seperti Pelabuhan Perikanan Samudera Jakarta, dan Pelabuhan Perikanan Nusantara Cilacap.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ikan tuna
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top