Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Manfaat Bagi Indonesia Sebagai Markas Terumbu Karang Dunia

Indonesia juga diuntungkan dengan pemilihan posisi kantor regional dan rujukan pengelolaan di sana, banyak pertemuan yang akan dilakukan berbagai pihak sehingga memacu pertumbuhan ekonomi kawasan

Bisnis.com, JAKARTA - Direktur Pesisir dan Lautan KKP, Eko Rudianto menjelaskan manfaat utama ditunjuknya Manado dan Indonesia sebagai lokasi regional dan menjadi rujukan pengelolaan terumbu karang lestari.

"Indonesia juga diuntungkan dengan pemilihan posisi kantor regional dan rujukan pengelolaan di sana, banyak pertemuan yang akan dilakukan berbagai pihak sehingga memacu pertumbuhan ekonomi kawasan," katanya kepada Bisnis.com, Minggu (25/5/2014).

KKP juga mencatat, iuran negara anggota yang dikucurkan untuk membiayai kegiatan penyelamatan terumbu karang ini akan terus meningkat. Empat tahun lalu, total iuran yang telah disalurkan masing-masing dari anggota konferensi mencapai hingga US$20 Juta.

Setelah perumusan Komunike Manado diharapkan dana iuran ini bisa bertambah hingga mencapai minimal di angka US$40 Juta sehingga bisa menjalankan kegiatan sesuai hasil kesepakatan bersama dalam agenda penyelamatan terumbu karang.

Hasil Konferensi Terumbu Karang Dunia di Manado, pertengahan Mei lalu direspon Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dengan menyiapkan langkah aksi dan implementasi hasil kesepakatan bersama yang disebut Komunike Manado.
Rekomendasi konferensi akan dibawa ke tingkat dunia yaitu PBB agar Komunike Manado menjadi agenda global, sehingga daya terobos dan ikatnya makin kuat.

Di dalam negeri, aksi yang dilakukan KKP yakni dengan rencana pembentukan lembaga resmi yang akan diberi nama Badan Nasional Penyelamatan dan Pengelolaan Terumbu Karang. Kekuatan hukum lembaga ini diupayakan segera disiapkan dalam bentuk peraturan presiden.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arif Gunawan
Editor : Nurbaiti
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper