Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

TNI-AD Siap Bantu Kementan Perluas Areal Tanam Kedelai

Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat siap membantu Kementerian Pertanian merealisasikan perluasan areal tanam kedelai di Indonesia. Bantuan ini merupakan perwujudan dari komitmen TNI dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan nasional.

Bisnis.com, JAKARTA - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat siap membantu Kementerian Pertanian merealisasikan perluasan areal tanam kedelai di Indonesia. Bantuan ini merupakan perwujudan dari komitmen TNI dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan nasional.

Disampaikan Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko, bahwa kerjasama dengan Kementerian Pertanian ini merupakan yang keenam kalinya dilakukan di dalam dan di luar Pulau Jawa.

"Kami dan prajurit TNI, mumpung tidak banyak tugas di daerah operasi, yang kegiatannya hanya latihan dan latihan, untuk itu kami masih menyediakan tenaga dan waktu kepada Kemtan, Menpera dan Menpu," kata Moeldoko kepada wartawan, Subang, Rabu (14/5/2014).

Namun, dia tak menjelaskan secara rinci berapa jumlah personil yang akan diturunkan dalam bantuan perluasan areal tanam ini. "Disesuaikan seperti kejadian banjir, kita membantu perbaikan jalan bantu PU, pertanian juga, kemudian untuk mengawal rehab rumah rakyat juga kita gunakan prajurit TNI untuk mengawasi," tambahnya.

TNI sendiri melalui TNI AD telah direncanakan akan membantu Kementerian Pertanian untuk mengawal dan mendampingi petugas teknis pertanian dalam perluasan lahan seluas 340.000 hektar di 15 propinsi dan 115 kabupaten yang tersebar di seluruh Indonesia.

Ditemui dalam kesempatan yang sama, Menteri Pertanian Suswono mengharapkan kerjasama dengan TNI AD ini akan dapat membantu peningkatan produksi kedelai per tahunnya.

"Sebagaimana komitmen kita dan TNI ikut membackup penguatan ketahanan pangan nasional salah satunya termasuk dalam program pergerakan meningkatkan produksi kedelai ini. Saat ini salah satu perwujudan dari kerjasama yang sudah dibangun antara TNI dan Kemtan," tukas Suswono.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nadya Kurnia
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper