Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pilot & Rute Merpati Diambil Garuda

PT Garuda Indonesia Tbk siap memberdayakan pilot PT Merpati Nusantara (Merpati) untuk menerbangi rute yang ditinggalkan Merpati di sejumlah wilayah di Tanah Air.
Rustam Agus
Rustam Agus - Bisnis.com 07 Mei 2014  |  11:45 WIB

Bisnis.com, JAKARTA--PT Garuda Indonesia Tbk siap memberdayakan pilot PT Merpati Nusantara (Merpati) untuk menerbangi rute yang ditinggalkan Merpati di sejumlah wilayah di Tanah Air.

"Kami selalu terbuka mengambil rute dan pilot Merpati," kata Dirut Garuda Emirsyah Satar, di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, tulis Antara, Rabu (7/5/2014).

Direktur Operasi Garuda dan Direktur Operasi Merpati, lanjutnya, sudah membahas bagaimana memanfaatkan para pilot Merpati yang saat ini tidak lagi bekerja penuh

Menurut Emirsyah, jumlah rute Merpati yang diambilalih Garuda akan terus bertambah.

"Kami minta izin Kementerian Perhubungan untuk mengambilalih rute yang ditinggalkan Merpati. Rute yang kita akuisisi termasuk Sumbawa Besar dan di Sumatera Utara," ujarnya.

Meski begitu Emirsyah menuturkan, belum semua rute yang diambilalih langsung ditangani karena harus menyesuaikan dengan jenis pesawat yang akan digunakan.

"Kami lagi minta rutenya, tapi tidak bisa pakai pesawat Merpati yang sertifikasinya non-FAA (Federal Aviation Administration). Pilot bisa kami pakai tapi pesawatnya belum tentu, karena harus punya sertifikat FAA," tegas Emirsyah.

Menurut catatan, Merpati banyak mengoperasikan pesawat jenis MA-60 produksi Xian Aircraf China tetapi pesawat itu disebut-sebut tidak memiliki sertifikat FAA.

Dia mencontohkan, rute Sumbawa Besar, bisa diterbangi pesawat jenis ATR.

"Tahun ini Garuda akan mendatangkan sebanyak enam unit ATR, pengoperasiannya akan disesuaikan dengan destinasi-destinasi baru diperoleh Garuda," katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

merpati nusantara airlines pt garuda indonesia tbk
Editor : Rustam Agus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top