Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Trading House Jabar Di Maroko Dibuka

Duta Besar RI untuk Maroko Tosari Widjaja bersama Kepala Badan Promosi Penanaman Modal Provinsi Jawa Barat Dadang Muhammad dan Staf Ahli Gubernur Djumhana meresmikan pembukaan Kantor Perwakilan Jawa Barat Trading House ditandai pemotongan pita di Casablanca, Ibu kota Perdagangan Maroko, Minggu (27/4/2014).
Teh produk  ekspor utama dari Jabar/Antara
Teh produk ekspor utama dari Jabar/Antara

Bisnis.com, LONDON -  Duta Besar RI untuk Maroko Tosari Widjaja bersama Kepala Badan Promosi Penanaman Modal Provinsi Jawa Barat Dadang Muhammad dan Staf Ahli Gubernur Djumhana meresmikan pembukaan Kantor Perwakilan Jawa Barat "Trading House" ditandai pemotongan pita di Casablanca, Ibu kota Perdagangan Maroko, Minggu (27/4/2014).

Dubes menyambut gembira terbentuknya Trading House yang dimotori oleh swasta, demikian Fungsi Ekonomi, Minister Consuler KBRI Rabat, Tanti Widyastuti, kepada Antara London, Senin (28/4/2014).

Dikatakannya dalam persaingan global, swasta harus berada di depan dan berani menangkap peluang pasar, sedangkan pemerintah baik KBRI maupun Pemda Jabar dapat mendorong dengan melakukan perbaikan regulasi serta penurunan pajak yang masih menjadi kendala perdagangan langsung Indonesia-Maroko.

Menurut Dubes, Maroko harus dipandang sebagai pintu gerbang masuknya barang Indonesia ke Uni Eropa dan Afrika serta Amerika, sedangkan Indonesia sebagai pintu gerbang masuknya produk Maroko ke ASEAN.

Sementara itu Kepala BKPPMD Jabar dan Staf ahli gubernur menyampaikan pesan Gubernur Jabar yang mengapresiasi dengan dibukanya "Trading House" sebagai terobosan kemitraan B to B Indonesia/Jabar dan Maroko/Casablanca, guna meningkatkan ekspor kedua negara.

Jawa Barat yang kaya dengan sumber alam penghasil kopi dan teh, akan membangun pabrik mengolah hasil produk petani, untuk di ekpor ke mancanegara.

Dalam acara pembukaan tersebut, pengusaha Maroko diwakili Tariq Ahmed dan Hicham Zouhair, serta dari Indonesia Robby Adransyah Badruddin/KPB Chakra dan Djaja Gama/Koperasi Malabar.

Pada awalnya "Trading House" fokus untuk memasarkan kopi dan teh Jawa Barat ke Maroko, namun selanjutnya akan diperluas dengan produk lainnya seperti cokelat, merica, bumbu-bumbu, maupun rotan dan furnitur.

"Trading House" beralamat Rue des Bunyeres, Angle Boulevard Brahim roudani, No.202, maarif-Casablanca, Maroko.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper