Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

POLA INVESTASI BERUBAH, Serapan Tenaga Kerja Melemah

Melemahnya penyerapan tenaga kerja di sektor industri Tanah Air diprediksi akan terus berlansung sepanjang tahun menyusul pola perubahan investasi di Tanah Air.
Ashari Purwo Adi N
Ashari Purwo Adi N - Bisnis.com 27 April 2014  |  19:05 WIB
Melemahnya penyeraan tenaga kerja tersebut, jelasnya, juga dilatarbelakangi oleh kurang matching-nya kebutuhan industri dengan kompetensi tenaga kerja di Tanah Air.  - bisnis.com
Melemahnya penyeraan tenaga kerja tersebut, jelasnya, juga dilatarbelakangi oleh kurang matching-nya kebutuhan industri dengan kompetensi tenaga kerja di Tanah Air. - bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA—Melemahnya penyerapan tenaga kerja di sektor industri Tanah Air diprediksi akan terus berlansung sepanjang tahun menyusul pola perubahan investasi di Tanah Air.

Sekretaris Jenderal Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi Abdul Wahab Bangkona mengatakan prediksi tersebut lantaran minimnya investasi industri padat karya di Tanah Air. Hal itu, menyebabkan tumbuhanya investasi tidak berbanding lurus dengan penyerapan tenaga kerja.

Menurut Wahab, hanya beberapa sektor—terutama jasa—yang menjadi penopang utama penyerapan tenaga kerja. “Investasi pada 2014 mengarah ke padat modal yang tidak banyak menyerap tenaga kerja,” katanya kepada Bisnis.com, Minggu (27/4/2014).

Berdasarkan data Badan Koordinasi Penananaman Modal (BKPM) yang dikutip kemenakertrans, penyerapan tenaga kerja pada triwulan I/2013 hanya 260.156 orang atau turun drastis dari penyerapan periode yang sama pada 2013 yang mampu mencapai 361.924 orang.

Saat ini, tuturnya, investor sudah memilih menginvestasikan modalnya untuk industri padat modal lantaran upah di Indonesia sudah tidak murah lagi. “salah satu penyebab investor padat karya menghindar dari Indonesia adalah upah.”

Melemahnya penyeraan tenaga kerja tersebut, jelasnya, juga dilatarbelakangi oleh kurang matching-nya kebutuhan industri dengan kompetensi tenaga kerja di Tanah Air, seperti halnya, kuatnya investasi pertambangan di kawasan Indonesia timur tidak dibarengi oleh ketersediaan tenaga kerja.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tenaga kerja
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top