Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kementerian Koperasi & UKM Jajajki Kerja Sama dengan Elevenia

Pemerintah menjajaki kemungkinan kerja sama dengan Elevenia, perusahaan pemasaran dengan sistem online di Indonesia, untuk mengoptimalkan pemasaran produk yang dihasilkan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah nasional.
Mulia Ginting Munthe
Mulia Ginting Munthe - Bisnis.com 24 April 2014  |  13:07 WIB
Ilustrasi - Antara
Ilustrasi - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah menjajaki kemungkinan kerja sama dengan Elevenia, perusahaan pemasaran dengan sistem online di Indonesia, untuk mengoptimalkan pemasaran produk yang dihasilkan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah nasional.

Braman Setyo, Deputi Bidang Restrukturisasi dan Pengembangan Usaha Kementerian Koperasi dan UKM, mengemukakan peluang itu sangat terbuka, karena ada beberapa kategori produk unggulan yang dihasilkan pelaku usaha sektor riil itu, dan juga dipasarkan Elevenia melalui dunia maya.

Ketujuh kategori itu terdiri dari produk fashion, beauty/health, babies/kids, home/garden, gadged/komputer, elektronik, hobi, dan service/food. Pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) Indonesia bahkan telah memasarkan beberapa produk yang dipasarkan Elevenia.

Elevenia merupakan perusahaan joint venture antara PT SK Planet dari Korea Selatan dengan PT XL Axiata. Keberadaan Elevenia di Indonesia menunjukkan komiten Axiata untuk mendorong dan mengembangkan pelaku usaha di Indonesia.

 ”Khususnya pelaku UMKM melalui open marketplace yang menjadi andalan perusahaan itu. Seusai peluncuran Elevenia di Indonesia pada Maret 2014, kami telah berdiskusi dengan anak perusahaan PT XL Axiata Tbk. tersebut,” katanya kepada Bisnis, Kamis (24/4/2014).

Pada diskusi tersebut, kata Braman, kedua pihak berkomitmen melakukan sinergitas untuk mencapai kerangka konstruktif terhadap UMKM Indonesia. Sasarannya adalah agar bisa go online. Sistem pemasaran seperti itu saat ini tidak bisa dihindari.

Pastinya akan ada proses seleksi untuk menentukan komoditas apa saja yang layak dipasarkan melalui Elevenia. Pada konteks inilah masih akan ada pembicaraan lebih lanjut antar kedua belah pihak, agar produktivitas UMKM Indonesia bisa lebih diakomodir pasar.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ukm
Editor : Sepudin Zuhri

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top