Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Regulasi Harga Indeks Pasar Biodiesel Diperkenalkan

Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral melaksanakan sosialisasi regulasi tentang harga indeks pasar bahan bakar nabati biodiesel.
SPBU Biodiesel. Harga Indeks Pasar diperkenalkan/JIBI
SPBU Biodiesel. Harga Indeks Pasar diperkenalkan/JIBI

Bisnis.com JAKARTA--Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral melaksanakan sosialisasi regulasi tentang harga indeks pasar bahan bakar nabati biodiesel.

Regulasi anyar tersebut berupa Keputusan Menteri ESDM No. 2185K/12/MEM/2014 tentang Perubahan Kedua Atas Keputusan Menteri ESDM Nomor 0219K/12/MEM/2010.

Pasalnya, Kementerian ESDM tengah menggenjot penggunaan BBN jenis biodiesel sebagai campuran solar. Kementerian ESDM mengklaim kebijakan ini telah memberikan dampak positif bagi penghematan devisa Negara.

Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian ESDM Saleh Abdurrahman mengatakan dari program mandatory pemanfaatan BBN jenis ini selama periode September 2013 hingga Februari 2014 telah menghemat impor solar sebesar 126.761 kiloliter.

“Angka ini meningkat 2 kali lipat dibandingkan dengan periode enam bulan sebelum diterbitkannya Peraturan Menteri ESDM Nomor 25 Tahun 2013 yakni sebesar 63.524 KL  per bulan,” ujarnya seperti dikutip dari situs resmi Kementerian ESDM, Kamis (24/4/2014).

Menurutnya penghematan selama 6 bulan tersebut, ada penghematan devisa sekitar US$592 juta.Dia mengharapkan dengan adanya formulasi harga baru ini dapat meningkatkan penggunaan BBN guna mendukung kebijakan diversifikasi energi serta tumbuhnya investasi baru di bidang biodiesel.

Formulasi HIP biodiesel ini, jelasnya, menggunakan acuan harga Mean of Platts Singapore (MOPS) BBM Landed Price. Dia menjelaskan Harga MOPS Landed Price adalah harga biodiesel sampai di titik terminal BBM utama.

Pemilihan acuan harga BBN berdasarkan MOPS BBM didasari oleh korelasi yang cukup tinggi antara HIP Solar/MOPS Gasoil dengan Harga Patokan Ekspor (HPE) Biodiesel yang selama ini digunakan sebagai HIP biodiesel.

Nantinya, HIP Biodiesel tersebut dikonversi/diindeks ke dalam MOPS Gasoil sehingga diperoleh suatu formulasi berdasarkan MOPS Gasoil rata-rata pada periode satu bulan sebelumnya ditambah 3,48% MOPS. 

Menurutnya, melalui penetapan HIP biodiesel yang baru, maka harga biodiesel akan mengikuti pola harga BBM yang riil sampai di terminal domestik (dimana biodiesel akan dicampurkan ke dalam solar) sehingga akan mempermudah untuk memprediksi harga dan mencegah terjadinya disparitas harga biodiesel dan solar.

Selain itu, formula HIP biodiesel ini juga lebih menjamin kepastian penyaluran biodiesel secara merata di seluruh wilayah Indonesia karena harga tersebut sudah termasuk biaya pengangkutan biodiesel sampai di titik terminal BBM utama. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lukas Hendra TM
Editor : Ismail Fahmi

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper