Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pertamina Tambah Armada Kapal Pengangkut

PT Pertamina (Persero) segera menambah armada kapal miliknya dengan diresmikannya kapal pengangkut elpiji (liquefied petroleum gas/LPG) terbesar bernama Pertamina Gas 2.

Bisnis.com, JAKARTA – PT Pertamina (Persero) segera menambah armada kapal miliknya dengan diresmikannya kapal pengangkut elpiji (liquefied petroleum gas/LPG) terbesar bernama Pertamina Gas 2.

Kapal dengan kategori Very Large Gas Carrier (VLGC) tersebut diresmikan di galangan kapal Hyundai Heavy Industries Co. Ltd di Ulsan, Korea Selatan, pada Selasa (23/4) untuk menunjang kegiatan distribusi LPG domestik.

 

Direktur Pemasaran dan Niaga Pertamina Hanung Budya mengatakan kapal VLGC Pertamina Gas 2 merupakan kapal kedua setelah VLGC Pertamina Gas 1 yang diserahkan pada 17 September 2013.

 

“Nantinya, kapal ini akan digunakan sebagai terminal gas apung (floating storage) untuk kapal pengangkut yang lebih kecil selain fungsi utamanya sebagai pengangkut  LPG. Namun, kami juga mengharapkan agar kapal ini bisa digunakan untuk perdagangan internasional sehingga bisa memberikan peningkatan efisiensi biaya transportasi,” ujarnya seperti dikutip dari rilis yang diterima Bisnis, Rabu (23/4/2014).

 

Rencananya, kapal ini akan diserahkan ke Pertamina pada 14 Mei 2014 setelah melalui proses konstruksi selama 14 bulan dan lolos dalam komisioning yang telah dilakukan pada 13 hingga 17 April 2014.

 

Kini, Pertamina tengah menyelesaikan perijinan berlayar dari otoritas pelabuhan setempat untuk mengurus port clearance. Nantinya, kapal akan beroperasi dengan pola loading antara Pelabuhan Tanjung Uban/Belanak/Tanjung Jabung/Import dan discharge. Selain itu, juga sebagai mothership di Teluk Semangka atau melalui jalur pelabuhan loading Bontang/Import dan akan dipergunakan sebagai mothership di Kalbut, Situbondo.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lukas Hendra TM

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper