Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pertamina Tambah Armada Kapal Pengangkut

PT Pertamina (Persero) segera menambah armada kapal miliknya dengan diresmikannya kapal pengangkut elpiji (liquefied petroleum gas/LPG) terbesar bernama Pertamina Gas 2.
Lukas Hendra TM
Lukas Hendra TM - Bisnis.com 23 April 2014  |  17:11 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – PT Pertamina (Persero) segera menambah armada kapal miliknya dengan diresmikannya kapal pengangkut elpiji (liquefied petroleum gas/LPG) terbesar bernama Pertamina Gas 2.

Kapal dengan kategori Very Large Gas Carrier (VLGC) tersebut diresmikan di galangan kapal Hyundai Heavy Industries Co. Ltd di Ulsan, Korea Selatan, pada Selasa (23/4) untuk menunjang kegiatan distribusi LPG domestik.

 

Direktur Pemasaran dan Niaga Pertamina Hanung Budya mengatakan kapal VLGC Pertamina Gas 2 merupakan kapal kedua setelah VLGC Pertamina Gas 1 yang diserahkan pada 17 September 2013.

 

“Nantinya, kapal ini akan digunakan sebagai terminal gas apung (floating storage) untuk kapal pengangkut yang lebih kecil selain fungsi utamanya sebagai pengangkut  LPG. Namun, kami juga mengharapkan agar kapal ini bisa digunakan untuk perdagangan internasional sehingga bisa memberikan peningkatan efisiensi biaya transportasi,” ujarnya seperti dikutip dari rilis yang diterima Bisnis, Rabu (23/4/2014).

 

Rencananya, kapal ini akan diserahkan ke Pertamina pada 14 Mei 2014 setelah melalui proses konstruksi selama 14 bulan dan lolos dalam komisioning yang telah dilakukan pada 13 hingga 17 April 2014.

 

Kini, Pertamina tengah menyelesaikan perijinan berlayar dari otoritas pelabuhan setempat untuk mengurus port clearance. Nantinya, kapal akan beroperasi dengan pola loading antara Pelabuhan Tanjung Uban/Belanak/Tanjung Jabung/Import dan discharge. Selain itu, juga sebagai mothership di Teluk Semangka atau melalui jalur pelabuhan loading Bontang/Import dan akan dipergunakan sebagai mothership di Kalbut, Situbondo.

 

 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pertamina
Editor : Martin Sihombing

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top