Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KUNJUNGAN WISMAN: Februari Anjlok 6,69% dibandingkan Januari

Kunjungan wisman ke Indonesia pada Februari mencapai 702.700, mengalami penurunan 6,69% dari Januari, namun masih tercatat positif 3,57% bila dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.nn
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA – Jumlah kunjungan wisman ke Indonesia pada Februari mencapai 702.700, mengalami penurunan 6,69% dari Januari, namun masih tercatat positif 3,57% bila dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik, BPS, penurunan kunjungan wisman secara month to month pada Februari ini terjadi di semua pintu masuk dengan prosentase penurunan tertinggi terjadi di Bandara Minangkabau, Sumatera Barat sebesar 47,44%; disusul Bandara Sam Ratulangi, Manado 36,3%; serta Bandara Adi Sucipto, Yogyakarta dengan penurunan 30,75%.

Tingginya penurunan jumlah kunjungan wisman yang terjadi pada Februari di Bandara Minangkabau dan Bandara Sam Ratulangi ini pun terjadi secara year to year bila dibandingkan dengan Februari tahun sebelumnya.

Dari data BPS, kunjungan wisman melalui pintu masuk Bandara Minangkabau, Sumatera Barat anjlok hingga 32,74%, diikuti Sam Ratulangi yang merosot 30,48%.

Di sisi lain, kenaikan jumlah kunjungan wisman terjadi di tujuh pintu masuk dengan prosentase kenaikan tertinggi di Bandara Internasional Lombok (BIL), NTB yang meroket 180,39%.

Dari 702.700 kunjungan wisman yang datang ke Indonesia pada bulan kedua tahun ini, wisman asal Malaysia merupakan yang tertinggi dengan prosentase mencapai 15,19%; China 14,65%; Singapura sebesar 13,6%; Australia 10,51%; dan Jepang sebesar 5,55%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dewi Andriani
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper