Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Cara Kemendag Rayakan Hari Konsumen Nasional 2014

Kementerian Perdagangan melalui Direktorat Jenderal Standarisasi dan Perlindungan Konsumen (Ditjen SPK) mulai menggelar rangkaian aktivitas untuk memperingati Hari Konsumen Nasional 2014.
Desk layanan pengaduan konsumen/JIBI
Desk layanan pengaduan konsumen/JIBI

Bisnis.com, JAKARTA--Kementerian Perdagangan melalui Direktorat Jenderal Standarisasi dan Perlindungan Konsumen (Ditjen SPK) mulai menggelar rangkaian aktivitas untuk memperingati Hari Konsumen Nasional 2014.

Dengan tema ‘Gerakan Konsumen Cerdas, Mandiri, dan Cinta Produk Dalam Negeri’, beragam kegiatan sudah dimulai hingga puncak acara peringatan yang akan berlangsung pada 23 April 2014.

“Peringatan Hari Konsumen Nasional antara lain dimaksudkan untuk meningkatkan harkat dan martabat konsumen akan kesadaran, pengetahuan dan kemampuan untuk melindungi dirinya, menumbuhkembangkan sikap pelaku usaha yang bertanggungjawab, serta mendorong pembentukan jejaring komunitas perlindungan konsumen,” sambut Dirjen SPK, Widodo, Minggu (23/3/2014).

Berdasarkan Undang-undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, Pemerintah telah menerbitkan Keputusan Presiden No. 13 Tahun 2012 tentang Hari Konsumen Nasional yang menetapkan tanggal 20 April sebagai Hari Konsumen Nasional.

20 April dipilih mengingat tanggal tersebut merupakan tanggal penetapan Undang-Undang Perlindungan Konsumen.

Selain untuk meningkatkan pemahaman konsumen akan hak dan kewajibannya, peringatan Hari Konsumen Nasional juga diharapkan akan menempatkan konsumen sebagai subyek penentu kegiatan ekonomi dan menjadi konsumen cerdas yang cinta produk dalam negeri, sehingga memotivasi pelaku usaha untuk meningkatkan kualitas produk dan layanan yang siap menjadi tuan rumah di negeri sendiri dan mampu bersaing di pasar global.

 Adapun rangkaian kegiatan Hari Konsumen Nasional 2014 sebagai berikut:

o 5 April 2014 Lomba gambar bagi pelajar diikuti oleh oleh 75 pelajar SD dan 75 pelajar SMP se-Jabodetabek dengan tema “Gerakan Konsumen Cerdas” atau “Cinta Produk Dalam Negeri” bertempat di Kementerian Perdagangan

o 20 Maret - 15 April 2014 Lomba tulis bagi pelajar SMU dan mahasiswa

o 20 Maret - 30 April 2014 Lomba tulis bagi wartawan cetak dan elektronik

o 1-15 April 2014 Lomba membuat video berdurasi 3 menit

o 2 April 2014 Seminar sehari tentang ‘Properti’ yang akan diikuti oleh 100-150 orang peserta dengan narasumber dari Kemenpera, Kementerian ESDM, REI, Indonesia Property Watch (IPW), serta Seminar tentang ‘Layanan Provider’ yang akan diikuti oleh 100-150 orang peserta dengan narasumber dari Kominfo, Telco Provider (Indosat/Telkomsel), Kemensos (terkait SMS hadiah), dan unsur konsumen (YLKI). Kedua seminar akan berlangsung di Hotel Bidakara, Jakarta

o 6 & 13 April 2014 Jalan santai dan pembagian souvenir pada saat Car Free Day, dengan rute kantor Kementerian Perdagangan – Bunderan HI

o 20 April 2014 Jalan Santai dan Funbike dilepas oleh Menteri Perdagangan yang akan diikuti oleh sekitar 400 peserta, serta pembagian doorprize dan hiburan band dengan rute kantor Kementerian Perdagangan – Bunderan HI.

o 23 April 2014 Puncak peringatan Hari Konsumen Nasional berlangsung di Hotel Bidakara, Jakarta, sekaligus penyerahan hadiah bagi pemenang lomba tulis pelajar dan mahasiswa, serta lomba video.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ismail Fahmi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper