Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Djoko Kirmanto Dianugerahi Doktor Honoris Causa Oleh UGM

Menteri Pekerjaan Umm Djoko Kirmanto mendapatkan anugerah Doktor Honoris Causa (DR HC) atau Doktor Kehormatan di bidang Sumber Daya Air dan Lingkungan oleh Universitas Gajah Mada (UGM), Yogyakarta, hari ini, Rabu (19/3/2014).
Dimas Novita Sari
Dimas Novita Sari - Bisnis.com 19 Maret 2014  |  08:47 WIB
Djoko Kirmanto Dianugerahi Doktor Honoris Causa Oleh UGM
Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto mendapatkan anugerah Doktor Honoris Causa (DR HC) atau Doktor Kehormatan di bidang Sumber Daya Air dan Lingkungan oleh Universitas Gajah Mada (UGM), Yogyakarta,  hari ini, Rabu (19/3/2014).

Menurut Djoko, perhelatan akademik yang akan berlangsung di Balai Senat Universitas Gadjah Mada, yang merupakan “academicis libertatem” atau kebebasan mimbar akademik, adalah kesempatan langka bagi dirinya di lingkungan politik pemerintahan.

"Kesempatan untuk mengemukakan pandangan akademik mengenai bidang yang saya tekuni merupakan kesempatan yang tidak datang setiap saat, apalagi di forum yang sangat terhormat ini,” katanya, dalam keterangan tertulis.

Rencananya, pada penganugerahan tersebut, Djoko akan menyampaikan orasi ilmiah dengan judul Air Untuk Rakyat.

Pada acara tersebut, juga turut hadir sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Bersatu II, Anggota DPR RI, dan sejumlah pejabat eselon I dan II Kementerian PU.

Djoko Kirmanto mengawali karirnya di Kementerian Pekerjaan Umum, sejak 1967 sebagai Site Engineer pembangunan pondasi Karang Semut Yogyakarta.

Berbagai jabatan karier pernah diemban, terakhir adalah sebagai Sekretaris Jenderal pada 2002-2003. Mulai 2004 dirinya menjabat Menteri Pekerjaan Umum hingga saat ini.

Djoko menyelesaikan pendidikan sarjananya di Jurusan Teknik Sipil Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta pada 1969 dan pasca sarjana di Land and Water Development, IHE-Delft, Belanda, 8 tahun kemudian.

Sebelumnya, pada 2005, Djoko juga dianugerahi gelar Doktor Honoris Causa dalam Ilmu Teknik Bidang Pembangunan Wilayah dan Kota oleh Universitas Diponegoro.

Selain itu, Djoko juga pernah mendapatkan berbagai penghargaan dari Presiden, di antaranya Satya Lencana Pembangunan (1995), Satya Lencana Wira Karya (1996), Satya Lencana Karya Satya XX Tahun (1996), Satya Lencana Karya Satya XXX Tahun (2001) dan terakhir adalah Bintang Mahaputra Adiprana (2013).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ugm djoko kirmanto
Editor : Nurbaiti

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top