Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Djoko Kirmanto Dianugerahi Doktor Honoris Causa Oleh UGM

Menteri Pekerjaan Umm Djoko Kirmanto mendapatkan anugerah Doktor Honoris Causa (DR HC) atau Doktor Kehormatan di bidang Sumber Daya Air dan Lingkungan oleh Universitas Gajah Mada (UGM), Yogyakarta, hari ini, Rabu (19/3/2014).
 Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto
Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto mendapatkan anugerah Doktor Honoris Causa (DR HC) atau Doktor Kehormatan di bidang Sumber Daya Air dan Lingkungan oleh Universitas Gajah Mada (UGM), Yogyakarta,  hari ini, Rabu (19/3/2014).

Menurut Djoko, perhelatan akademik yang akan berlangsung di Balai Senat Universitas Gadjah Mada, yang merupakan “academicis libertatem” atau kebebasan mimbar akademik, adalah kesempatan langka bagi dirinya di lingkungan politik pemerintahan.

"Kesempatan untuk mengemukakan pandangan akademik mengenai bidang yang saya tekuni merupakan kesempatan yang tidak datang setiap saat, apalagi di forum yang sangat terhormat ini,” katanya, dalam keterangan tertulis.

Rencananya, pada penganugerahan tersebut, Djoko akan menyampaikan orasi ilmiah dengan judul Air Untuk Rakyat.

Pada acara tersebut, juga turut hadir sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Bersatu II, Anggota DPR RI, dan sejumlah pejabat eselon I dan II Kementerian PU.

Djoko Kirmanto mengawali karirnya di Kementerian Pekerjaan Umum, sejak 1967 sebagai Site Engineer pembangunan pondasi Karang Semut Yogyakarta.

Berbagai jabatan karier pernah diemban, terakhir adalah sebagai Sekretaris Jenderal pada 2002-2003. Mulai 2004 dirinya menjabat Menteri Pekerjaan Umum hingga saat ini.

Djoko menyelesaikan pendidikan sarjananya di Jurusan Teknik Sipil Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta pada 1969 dan pasca sarjana di Land and Water Development, IHE-Delft, Belanda, 8 tahun kemudian.

Sebelumnya, pada 2005, Djoko juga dianugerahi gelar Doktor Honoris Causa dalam Ilmu Teknik Bidang Pembangunan Wilayah dan Kota oleh Universitas Diponegoro.

Selain itu, Djoko juga pernah mendapatkan berbagai penghargaan dari Presiden, di antaranya Satya Lencana Pembangunan (1995), Satya Lencana Wira Karya (1996), Satya Lencana Karya Satya XX Tahun (1996), Satya Lencana Karya Satya XXX Tahun (2001) dan terakhir adalah Bintang Mahaputra Adiprana (2013).


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Nurbaiti
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper