Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tahun Ini, 2 Waduk Rp1,18 Triliun Dibangun di Sulawesi Selatan

Kementerian Pekerjaan Umum akan segera melakukan pembangunan fisik dua waduk di Sulawesi Selatan dengan total nilai Rp1,18 triliun pada tahun ini.
Dimas Novita Sari
Dimas Novita Sari - Bisnis.com 22 Februari 2014  |  10:55 WIB
Tahun Ini, 2 Waduk Rp1,18 Triliun Dibangun di Sulawesi Selatan
Waduk Karalloe berkapasitas 40 juta meter kubik dan akan melayani lahan irigasi di Kabupaten Jeneponto seluas 7.000 hektar. - Ilustrasi
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum akan segera melakukan pembangunan fisik dua waduk di Sulawesi Selatan dengan total nilai Rp1,18 triliun pada tahun ini.

Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pompengan Jenebarang Direktorat Jenderal Sumber Daya Air (SDA) Agus Setiawan mengatakan kedua waduk tersebut ialah waduk Karalloe di Kabupaten Gowa dan waduk Pasaeloreng di Kabupaten Wajo.

"Keduanya ditujukan untuk mengairi lahan irigasi yang sangat bermanfaat bagi pertanian," katanya dalam keterangan tertulis, Sabtu (22/2/2014).

Dia menjelaskan waduk Karalloe berkapasitas 40 juta meter kubik dan akan melayani lahan irigasi di Kabupaten Jeneponto seluas 7.000 hektar.

Adapun waduk Pasaeloreng memiliki kapasitas lebih besar dari waduk Karalloe, yakni 120 juta meter kubik.

Selain itu, pembangunan infrastruktur lainnya yang akan dimulai pada tahun ini ialah pembuatan kolam regulasi Nipah yang terletak di Kota Makassar untuk mengurangi banjir di kota itu.

Adapun pembangunan fisik yang tengah berlangsung di antaranya penyempurnaan bendung gerak Tempe di Kabupaten Wajo Rp26,8 miliar, pembangunan intake dan jaringan air baku di Kabupaten Sinjai Rp24 miliar, dan pembangunan prasarana air baku Panyilangi Kabupaten Soppeng senilai Rp20 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

waduk kementerian pekerjaan umum sulawesi selatan
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top