Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pasir Besi: Kadin Cemas Asing Caplok Tambang Kecil

Sosialisasi pemerintah tentang kewajiban pemurnian pasir besi yang minim ke penambang-penambang kecil dikhwatirkan Kadin Jabar mengundang peluang asing.
Penambangan pasir besi/Bisnis
Penambangan pasir besi/Bisnis

Bisnis.com, BANDUNG--Sosialisasi pemerintah tentang kewajiban pemurnian pasir besi yang minim ke penambang-penambang kecil dikhwatirkan Kadin Jabar mengundang peluang asing.

Komite Tetap Kadin Jabar Bidang Pertambangan Tubagus Raditya mengatakan sejak penghentian aktifitas pasir besi di Jabar selatan beberapa waktu lalu, sampai saat ini proses sosialisasi terkait smelter belum dilakukan.

"Sosialisasi smelter oleh pemerintah sangat kurang, padahal tambang kecil butuh bimbingan soal teknik pemurnian konsentrat," katanya kepada Bisnis, Minggu (16/2).

Menurutnya, kelonggaran penerapan UU Minerba yang diberikan pemerintah selama 3 tahun pada pasir besi hanya menguntungkan pengusaha bermodal tebal.

Sementara untuk pemilik kegiatan penambangan (KP) skala kecil merugikan. "Mereka yang kuat modal pasti bisa bertahan, untuk KP-KP kecil ini akan sampai kapan?" 

Setelah larangan ekspor dilakukan, menurutnya, saat ini KP-KP kecil terdampak secara keuangan. Ia menilai pembuatan smelter yang butuh biaya tinggi diprediksi akan merontokan usaha kecil pertambangan pasir besi di Jabar Selatan jika teknik tersebut tidak disosialisasikan. "KP kecil 3 tahun ke depan bisa kolaps dan mati," ujarnya.

Dia menambahkan  yang membuat pihak Kadin cemas adalah rontoknya KP kecil ini akan mengundang penguasaan tambang rakyat oleh pemodal besar dan asing.

Pemerintah, menurutnya harus mengantisipasi agar hal ini tidak terjadi. "Ketika KP kecil sudah tidak bisa apa-apa, pengusaha asing masuk. Tambang kita dikuasai mereka." 

Secara terpisah, Ketua Tim Analisis Panitia Akuntabilitas Publik DPD RI,Faruk Muhammad menduga praktik eksploitasi penambangan pasir besi di Jabar selatan sudah disusupi campur tangan asing. DPD mendesak praktik ini untuk diusut dan ditertibkan karena contohnya sudah terjadi di Pulau Bima Sumbawa dan Lombok.

Menurut Faruk, jika memang ada pihak asing mendanai penambangan pasir besi di Jabar selatan, ia meminta Pemprov Jabar segera melaporkan ke Badan Pertanahan Nasional (BPN). "Kami mendukung Polda Jabar, bupati, wali kota untuk melanjutkan langkah penertiban dan penegakan hukum," katanya.

 DPD sediri menyarankan agar izin yang sudah dikeluarkan juga tengah dalam proses kembali ditinjau ulang. Pemprov Jabar menurutnya harus bisa meningkatkan peran kontrol, karena perizinan ada di tangan daerah. "Provinsi harus mewaspadai gejala 'penggasingan' lahan-lahan oleh orang asing."

 Wakil Gubernur Jabar Deddy Mizwar menegaskan jika pihaknya sudah mewajibkan pada seluruh perusahaan tambang pasir besi untuk mengikuti aturan pemurnian yang ditetapkan pusat sebesar 58%. Ia mengaku agak kurang setuju dengan kelonggaran yang diberikan pemerintah terhadap pasir besi.

"Saya cenderung tutup saja, kalau syarat konsentrat tidak dipenuhi, ya tutup saja," katanya.

 Pemprov Jabar sendiri mendesak kabupaten/kota yang memiliki pasir besi untuk memperketak perizinan dan tidak main-main dengan proses penertiban yang dilakukan provinsi.

 Berdasarkan keterangan yang diperolehnya dari kabupaten/kota yang ada penambangan pasir besi, keuntungan atau pendapatan dari ekplorasi alam tersebut ternyata sedikit. "Kabupaten/kota sudah ngeluh keuntungannya sedikit, malah bilangnya lebih banyak untung ke pusat." 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ismail Fahmi

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper