Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tangerang Masih Jadi Primadona Pengembang, Kalahkan Depok, Bogor, Bekasi

Wilayah Tangerang, yakni Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan, dan Kabupaten Tangerang masih menjadi primadona pembangunan perumahan di Provinsi Banten pada tahun ini.
Proyek Perumahan/Bisnis
Proyek Perumahan/Bisnis

Bisnis.com, TANGERANG - Wilayah Tangerang, yakni Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan, dan Kabupaten Tangerang masih menjadi primadona pembangunan perumahan di Provinsi Banten pada tahun ini.

Persentase pembangunan perumahan di wilayah Banten, 70% di wilayah Tangerang dan 30% terbagi di wilayah Serang, Cilegon, Pandegelang, dan Lebak.

Sobri Nurdin, Ketua DPD Asosiasi Pengembang Perumahan dan Pemukiman Seluruh Indonesia (Apersi) Banten, dari tiga wilayah Tangerang, untuk Kota Tangerang dan Tangerang Selatan lebih dominan, karena akses jalan dan jarak yang lebih dekat dengan DKI Jakarta serta daerah lain di Jawa Barat seperti Bekasi, Depok, dan Bogor.

Alasan lainnya karena adanya pemindahan pembangunan perumahan dari kabupaten dan kota lainnya seperti Bekasi, Jakarta dan Bogor.

"Untuk Kabupaten Tangerang, pembangunan perumahan banyak untuk kalangan menengah ke bawah. Namun geliat pembangunan perumahannya pun terus meningkat setiap tahunnya. Secara garis besar, Tangerang masih dominan dalam pembangunan perumahan dibandingkan wilayah lain di Provinsi Banten," ujarnya, Kamis (6/2).

Sobri menjelaskan karena menjadi daerah yang strategis, Tangerang kemudian diserbu para pengembang perumahan, apalagi didukung oleh infrastruktur dan sarana transportasi.

"Dari total 170 pengembang perumahan anggota Apersi Banten, sebagian besar melakukan investasi di wilayah Tangerang," katanya.

Mengenai banjir yang melanda sejumlah perumahan, Sobri menambahkan hal itu karena minimnya resapan. "Biasanya banjir karena luapan kali atau sungai," katanya.

Apersi, menurut Sobri, juga telah meminta kepada pengembang perumahan untuk memperhatikan segala sisi, termasuk antisipasi banjir. "Kami sudah menyosialisasikan kepada pengembang yang akan membangun perumahan," ujarnya. (Antara)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper