Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sumatra Barat Siap Operasikan Kapal Perintis KN Sabuk Nusantara

Pempov Sumatra Barat akan mengoperasikan kapal perintis KN Sabuk Nusantara pada Februari 2014 untuk memperlancar arus transportasi dari Padang ke Mentawai, maupun mobilitas ke pulau-pulau kecil di kawasan tersebut.
Kehadiran KN Sabuk Nusantara lewat bantuan pemerintah pusat sangat membantu mobilitas masyarakat di sekitar Kepulauan Mentawai.  /Ilustrasi
Kehadiran KN Sabuk Nusantara lewat bantuan pemerintah pusat sangat membantu mobilitas masyarakat di sekitar Kepulauan Mentawai. /Ilustrasi

Bisnis.com, PADANG—Pempov Sumatra Barat akan mengoperasikan kapal perintis KN Sabuk Nusantara pada Februari 2014 untuk memperlancar arus transportasi dari Padang ke Mentawai, maupun mobilitas ke pulau-pulau kecil di kawasan tersebut.

Mudrika, Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Sumbar, mengatakan keberadaan KN Sabuk Nusantara sebagai salah satu dari tiga kapal perintis yang melayani angkutan sepanjang kawasan laut Mentawai (Sumbar) dan Enggano (Bengkulu) amat penting bagi masyarakat setempat.

Apalagi selama ini, mobilitas dari Padang ke Mentawai sangat minim dengan terbatasnya jumlah kapal penumpang dan angkutan barang.

“Kehadiran KN Sabuk Nusantara lewat bantuan pemerintah pusat sangat membantu mobilitas masyarakat di sekitar Kepulauan Mentawai. Terutama untuk transportasi ke ibukota provinsi, Padang,” katanya kepada Bisnis, Minggu (19/1/2014).

Kapal KN Sabuk Nusantara dengan kapasitas 150 penumpang akan melewati rute Padang-Mentawai-Bengkulu setiap harinya. Kapal tersebut akan beroperasi penuh setiap pagi dan sore dengan durasi transit hanya sekitar 2 jam di setiap lokasi persinggahan.

“Ini kan kapal cepat, nanti beroperasi setiap hari pagi dan sore, dari Padang menuju Mentawai dan Bengkulu,” ujarnya.

Mudrika menjanjikan untuk dua minggu pertama pengoperasian penumpang tidak dipungut biaya alias gratis. Besaran ongkos masih akan dikaji oleh Dinas Perhubungan Sumbar.

“Dua minggu pertama kami gratiskan. Dimulai Februari nanti,” kata Mudrika

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Heri Faisal
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper