Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rapat Kabinet Terbatas Tentang Ekspor Minerba Sampai Larut Malam

Rapat kabinet terbatas tentang implementasi larangan ekspor mineral di Kediaman Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Puri Cikeas, Sabtu (11/1/2014) berlangsung sampai larut malam.
Presiden SBY/Bisnis.com
Presiden SBY/Bisnis.com

Bisnis.com, CILEUNGSI - Rapat kabinet terbatas tentang implementasi larangan ekspor mineral di Kediaman Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Puri Cikeas, Sabtu (11/1/2014) berlangsung sampai larut malam.

Mobil Wakil Presiden Boediono dan beberapa menteri sudah terlihat memasuki kompleks Puri Cikeas sejak pukul 16.30 WIB. Sampai pukul 22.00 WIB, mobil-mobil dinas menteri belum meninggalkan kompleks perumahan tersebut.

Keputusan terkait dengan syarat tingkat kemurnian produk mineral ekspor dan aturan implementasi UU no. 4/2009 tentang Minerba sepertinya baru akan diambil pada jam-jam terakhir menjelang realisasi larangan ekspor mineral mentah.

Pemerintah telah menetapkan pelarangan ekspor mineral mentah (mineral ore) mulai 12 Januari 2013 pukul 00.00 atau tengah malam nanti.

Rapat di Cikeas, di antaranya, dihadiri oleh Menko Politik, Hukum dan Keamanan Djoko Suyanto, Menko Perekonomian Hatta Rajasa, Menko Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono, Menteri Keuangan Chatib Basri, Menteri ESDM Jero Wacik, dan Menteri Perindustrian M.S. Hidayat.

Pertemuan kabinet itu digelar sebagai finalisasi revisi Peraturan Pemerintah dan Peraturan Menteri ESDM terkait implementasi UU Minerba.

Poin perubahan yang dibahas adalah kadar produk mineral (konsentrat) yang boleh diekspor dan batas waktu bagi perusahaan tambang untuk merampungkan fasilitas pengolahan dan pemurnian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper