Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gabung SkyTeam, Garuda Perluas Jaringan Penerbangan Global

SkyTeam, aliansi maskapai penerbangan global, akan menyambut maskapai nasional Garuda Indonesia sebagai anggota ke-20 mulai 5 Maret 2014.

Bisnis.com, JAKARTA—SkyTeam, aliansi maskapai penerbangan global, akan menyambut maskapai nasional Garuda Indonesia sebagai anggota ke-20 aliansi tersebut mulai 5 Maret tahun depan.

Garuda akan menjadi anggota SkyTeam yang kedua dari Asia Tenggara setelah sebelumnya bergabung Vietnam Airlines.

Direktur Pelaksana SkyTeam Michael Wisbrun mengatakan keanggotaan aliansi itu akan memfasilitasi perjalanan ke Indonesia, sebuah negara dengan perekonomian terbesar di Asia Tenggara.

Garuda mengoperasikan penerbangan nonstop dari Jakarta, sebagai ibu kota negara dan pusat keuangan, menuju tujuh bandara penghubung (hub) SkyTeam di antaranya Seoul, GuangZhou, Beijing, Shanghai, Taipei, dan Amsterdam.

“SkyTeam membawa lebih dari 1.020 tujuan global bagi pelanggan Garuda. Selain jaringan yang luas dan layanan khusus seperti SkyPriority, ada akses ke lebih dari 530 lounge pelanggan Garuda di mana itu menjadi bagian dari aliansi SkyTeam,” kata Michael Wisbrun dalam siaran pers, Senin malam (16/12/2013)

Dia menilai Garuda sudah memiliki semua kriteria keanggotaan yang diperlukan oleh SkyTeam, termasuk dalam hal penerapan platform teknologi informasi dan inisiatif persero yang fokus pada pelanggan. “Kami menantikan kehadiran maskapai ini pada 5 Maret tahun depan.”

Direktur Utama Garuda Indonesia Emirsyah Satar mengatakan bergabungnya perseroan dalam aliansi itu merupakan strategi pembangunan jangka panjang bagi Garuda, seperti yang direncanakan dalam program ekspansi strategis maskapai Quantum Leap 2011- 2015.

BUMN penerbangan itu sudah meningkatkan layanan dan aktif dalam menempa kerja sama dengan maskapai anggota SkyTeam.

“Bergabungnya kami dalam SkyTeam menandai tonggak penting dalam pengembangan perusahaan. Kami sekarang memasuki tahap menjadi pemain global. Ini adalah bagian dari strategi kami untuk memperluas jaringan kami di seluruh dunia,” katanya.

Adapun 19 anggota SkyTeam lain yakni Delta, Kenya Airways, KLM, Korean Air, MEA, Saudi, Vietnam Airlines, Tarom, XiamenAir, Czech Airlines, China Southern, China Eastern, China Airlines, Aeroflot, Aerolineas Argentinas, AeroMexico, AirEuropa, AirFrance, dan Alitalia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : M. Tahir Saleh
Editor :
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper