Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Egypt Buka Rute Jakarta-Kairo Via Bangkok

Maskapai penerbangan asal Mesir, Egypt Air secara resmi mengumumkan pembukan rute penerbangan langsung Jakarta-Kairo via Bangkok, Tahiland, yang secara efektif pada 23 Desember 2013.

Bisnis.com, JAKARTA - Maskapai penerbangan asal Mesir, Egypt Air secara resmi mengumumkan pembukan rute penerbangan langsung Jakarta-Kairo via Bangkok, Tahiland, yang secara efektif pada 23 Desember 2013.

Penerbangan yang direncanakan empat kali dalam sepekan, yaitu Senin, Kamis, Jum'at dan Minggu itu bakal dilayani dengan menggunakan  pesawat Boeing 777-300 ER.

Saleh Abdul Malik, President Director of Egypt Air Indonesia, mengemukakan pembukaan rute tersebut selain merupakan pengembangan bisnis maskapai juga untuk menggenjot  pertumbuhan wisatawan dari kedua negara.

"Dan memang, segmen penumpang untuk rute ini [Jakarta-Cairo] lebih menyasar penumpang Indonesia yang ingin melakukan perjalaan wisata ke Mesir," ucapnya di sela-sela Grand Launching Egypt Air Jakarta-Cairo, Rabu (27/11/2013).

Dia menjelaskan, Mesir yang mempunyai sejumlah destinasi wisata religi bakal menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat Indonesia yang merupakan negara dengan populasi muslim terbesar di dunia.

Selain itu, posisi geografis Mesir yang dekat dengan Jerussalem, Palestina, juga diestimasi turut mendorong pertumbuhan penumpang dari Indonesia, mengingat kota tersebut tidak hanya kota suci bagi umat muslim namun juga bagi umat nasrani.

Secara matematis, kata Abdul Malik,   pihaknya mengestimasi jumlah penumpang rute Jakarta-Cairo bakal mencapai 3.300 penumpang per bulan, di mana tingkat keterisian pesawat ditarget minimal 60% dari total kapasitas Boeing 777-300 ER mencapai 349 kursi.

Menurut Abdul Malik, untuk pembukaan rute baru itu tidak hanya menyasar penumpang Indonesia, namun juga warga Mesir yang hendak melakukan perjalanan wisata ke Tanah Air.

"Sebelum membuka rute ini, kami melakukan survei tentang kecenderungan warga Mesir untuk berkunjung ke negara-negara di Asean. Contohnya ke Bangkok, banyak wisatawan Mesir yang berkunjung ke sana, dan kami harap itu juga terjadi untuk Jakarta," paparnya.

Pembukaan rute Jakarta-Cairo empat kali dalam sepekan tersebut merupakan tahap penjajakan, di mana Egypt Air kemungkinan akan menambah jadwal menjadi setiap hari dengan mengikuti pertumbuhan penumpang untuk rute tersebut.

Kendati demikian, Abdul Malik mengungkapkan jika pihaknya masih menghadapi persoalan terkait areal parkir pesawat di Bandara Soekarno-Hatta meningat kapasitas apron di bandara tersebut sudah sangat padat, sementara pesawat yang bakal diguanakan merupakan pesawat berbadan lebar tipe 777-90 ER.

"Tapi kita harap, persoalan ini segera ditemukan solusinya bersama dengan pihak-pihak terkait sebelum rute ini beroperasi secara efektif," imbunya.

Vice President Commercial of Egypt Air Cairo Hussein Shariff mengatakan untuk pelayanan rute Jakarta-Cairo akan dilengkapi fasilitas wi-fi dan full flat bed untuk kelas bisnis.

Selain itu, lanjutnya, pihaknya juga berencana melayani kargo udara antarkedua negara, namun tetap mengikuti perkembangan pasar seiring dengan pembukaan rute baru tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Amri Nur Rahmat
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper