Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

DPR Desak Penerbitan Perpres Tol Trans Sumatera

DPR mendesak pemerintah segera menerbitkan Perpres Pembangunan Tol Trans Sumatera untuk meningkatkan kesejahteran dan pertumbuhan ekonomi, dan pemerataan ekonomi, bukan hanya berpusat di kawasan Jawa.

Bisnis.com, JAKARTA--Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) mendesak pemerintah segera menerbitkan Perpres Pembangunan Tol Trans Sumatera untuk meningkatkan kesejahteran dan pertumbuhan ekonomi, dan pemerataan ekonomi, bukan hanya berpusat di kawasan Jawa.

Ketua Komisi V DPR Lauren Bahang Dama mengatakan selama ini keluhan pertumbuhan ekonomi melambat gara-gara tidak tersedianya infrastruktur yang memadai.

Padahal dalam  program masterplan program percepatan pembangunan ekonomi Indonesia (MP3EI) telah memprioritaskan salah satunya adalah proyek infrastruktur jalan Tol Trans Sumatera tersebut.

Namun, hingga kini pembangunan trans Sumatera itu belum juga direalisasikan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) pemerintah.

"Kita sudah memasukkan proyek jalan Tol Trans Sumatera di dalamnya. Tapi harus tetap on the track, karena itu rencana ini harus tetap dijalankan,” ujar Lauren, akhir pekan ini.

Dia berharap pemerintah segera menerbitkan Perpres proyek itu, sehingga rencana MP3EI bisa segera dilakukan, dan pembangunan infrastruktur tidak hanya berpusat di pulau Jawa saja., melainkan juga menyebar ke Sumatera.

Tujuannya, agar kedepannya dengan dukungan infrasttuktur pertumbuhan ekonomi antar daerah bisa saling menopang. Misalnya, pulau Jawa ke Sumatera, begitu juga sebaliknya.

DPR sendiri, katanya, akan terus mengawal dan meminta pemerintah untuk segera merealisasikan Perpres dan rencana pembangunan tersebut. Diharapkannya, Perpres tersebut sudah bisa diterbitkan Desember 2013 mendatang.

Selain memberikan payung hukum, pemerintah pusat perlu segera mencairkan dana penyertaan modal negara (PMN), sebagai modal awal badan usaha milik negara yang diberikan penugasan negara untuk melakukan pembangunan dan operasional Jalan Tol tersebut.

Terkait pendanaan, menurut Lauren pemerintah juga diharapkan agar lebih memprioritaskan pendanaan dari dalam negeri. Sebab, Jalan Tol Trans Sumatera harus dapat menjadi kebanggaan bangsa dan nasional di masa depan. (ra)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper