Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Hari Nusantara 2013 Digelar di Pantai Talise Palu

Menteri Kelautan dan Perikanan Sharif C. Sutardjo menyatakan Hari Nusantara 2013 siap diselenggarakan di Pantai Talise Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah
Fitri Sartina Dewi
Fitri Sartina Dewi - Bisnis.com 09 November 2013  |  18:37 WIB
Hari Nusantara 2013 Digelar di Pantai Talise Palu
Bagikan

Bisnis.Com, JAKARTA - Menteri Kelautan dan Perikanan Sharif C. Sutardjo selaku Ketua Harian Dewan Kelautan Indonesia menyatakan Hari Nusantara 2013 siap diselenggarakan di Pantai Talise Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah.

Alasan pemilihan Sulawesi Tengah sebagai tuan rumah hari Nusantara 2013, karena pemerintah Sulawesi Tengah mempunyai komitmen membangun bidang kelautan di wilayahnya yang sejalan dengan model percepatan dan perluasan pembangunan ekonomi Indonesia koridor Sulawesi Tengah yang dicanangkan pemerintah pusat.

Hari Nusantara ini diselenggarakan untuk mengkampanyekan wawasan bahwa laut merupakan pemersatu NKRI sekaligus perekat dan pemersatu Bangsa Indonesia.

"Saya selaku pengarah telah bersurat kepada Presiden memohon agar Presiden berkenan untuk dapat hadir dalam puncak acara tersebut. Saya bersama-sama Menteri Parekraf sebagai ketua Umum Hari Nusantara dan Gubernur Sulawesi Tengah selaku tuan rumah Puncak Peringatan Hari Nusantara akan menghadap Bapak Presiden untuk melaporkan kesiapan acara ini,” ujar Sharif hari ini, Sabtu (9/11/2013).

Hari Nusantara 2013 mengambil tema Setinggi Langit Sedalam Samudra Potensi Pariwisata dan k

Kreativitas Nusantara yang tak Terhingga. Tema ini mengandung pengertian Indonesia adalah negara kaya akan keberagaman potensi sumberdaya bahari yang dapat memberikan manfaat tak terhingga baik dari aspek ekonomi, sosial, dan budaya.

Menurut Sharif, kesuksesan acara Hari Nusantara 2013 nanti tidak terlepas dari intervensi program kegiatan yang terus dilakukan Kementerian/Lembaga Anggota Dewan Kelautan Indonesia. Mereka sudah memberikan intervensi program kegiatan dan anggaran untuk suksesnya acara Hari Nusantara 2013.

Pemerintah daerah sebagai ujung tombak pelaksanaan Puncak Peringatan Hari Nusantara 2013 juga telah mempersiapkan segala hal yang diperlukan untuk lancarnya kegiatan. Pemerintah daerah juga tetap fokus kepada lokasi puncak peringatan Hari Nusantara. Terutama pembangunan infrastruktur pendukung dan kebutuhan dasar para tamu dan undangan.

“Hal ini diperlukan agar Presiden yakin pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah, khususnya pemerintah Kota Palu siap melaksanakan acara puncak Hari Nusantara,” ucapnya.

Acara puncak Hari Nusantara akan dilaksanakan pada 14 Desember 2013. Acara akan dimeriahkan atraksi Sailing Pass dan Terjun Payung, Tadulako International Dragonboat Race serta pemecahan rekor MURI menarik Bendera Merah Putih seluas 3012 meterpersegi dari dasar laut menuju ke permukaan laut.

Bersamaan dengan perayaan Hari Nusantara 2013, akan dilaksnakan juga acara peresmian Rumah Pintar oleh Presiden, Pencanangan Desa Wisata di Tanjung Karang, Gerakan bersih pantai dan laut serta pencanangan rehabilitasi Terumbu Karang buatan.

“KKP juga akan melaksanakan acara pencanangan Program Peningkatan Kehidupan Nelayan (PKN) di Tanjung Karang, Kab. Donggala,” jelasnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kementerian kelautan dan perikanan
Editor : Sutarno
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top