Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Garuda, Mandala, dan AirAsia Pindah ke Terminal 2 Juanda

Garuda Indonesia, Tigerair Mandala, dan Air Asia akan pindah ke Terminal 2 (T2) Bandara Juanda Surabya mulai 10 November 2013.

Bisnis.com, SURABAYA - Operasional terminal baru atau Terminal 2 (T2) Bandar Udara Juanda mulai 10 November mendatang tidak hanya digunakan Garuda Indonesia. Tigerair Mandala dan AirAsia dijadwalkan menggunakan terminal baru senilai Rp461,65 miliar itu.

Pelaksana Harian Humas Proyek T2 Juanda Alip Nugroho menguraikan kapasitas penumpang bandara di lahan 49.738 meter persegi bisa 6 juta penumpang. Semula dalam program sinergi BUMN, Garuda dijadwalkan menggunakan terminal domestik.

Hanya saja, sambungnya, penumpang Garuda setahun hanya berkisar 3,5 juta orang. Dari jumlah itu, 2,2 juta orang penumpang domestik dan 1,3 juta orang penumpang internasional.

"Sehingga bebannya masih jauh dari kapasitas maksimal. Oleh karena itu Tiger Mandala dan Air Asia dijadwalkan menggunakan terminal baru," jelasnya di sela-sela peninjauan proyek Terminal 2 Juanda hari ini, Selasa (29/10/2013).

Beroperasinya Mandala dan Air Asia menyebabkan jumlah penumpang di terminal domestik di kisaran 4,5 juta orang. Adapun kapasitas yang belum digunakan bisa untuk penerbangan internasional.

Operasional Bandara Juanda saat ini mengandalkan terminal pertama. Sampai September, jumlah penumpang terminal itu 13,1 juta orang, terdiri dari 11,8 juta penumpang domestik dan 1,3 juta penumpang internasional.

Pada periode yang sama tahun lalu, ada 11,76 juta penumpang. Dari jumlah itu 10,70 juta penumpang domestik dan internasional 1,06 juta orang. Perbandingan antardua periode menunjukkan jumlah penumpang domestik tumbuh 10% dan internasional 25%.

Andrias Yustunian, Communication & Legal Section Head Bandar Udara Juanda menuturkan terminal pertama sudah kelebihan kapasitas, sehingga pembangunan di terminal lama itu bisa mengatasi kondisi di terminal yang eksisting sekarang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Miftahul Khoer
Editor : Sutarno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper