Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Akuisisi Inalum: Toba Bara Sejahtra Komit Bantu Pemda Sumut

Perusahaan milik Jenderal (Purn) Luhut Binsar Panjaitan, PT Toba Bara Sejahtra Tbk, tetap berkomitmen membantu Pemerintah Daerah Sumatra Utara dalam mengakuisisi saham PT.Indonesia Asahan Aluminium (Inalum).
Pabrik Inalum/Antara
Pabrik Inalum/Antara

Bisnis.com, MEDAN - Perusahaan milik Jenderal (Purn) Luhut Binsar Panjaitan, PT Toba Bara Sejahtra Tbk, tetap berkomitmen membantu Pemerintah Daerah Sumatra Utara dalam mengakuisisi saham PT.Indonesia Asahan Aluminium (Inalum).

Perusahaan telah memiliki nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) dengan Pemda Sumut yang terdiri dari Pemerintah Provinsi Sumut dan 10 kabupaten/kota di wilayah operasional Inalum.

Direktur Keuangan PT Toba Bara, Pandu Sjahrir, menjelaskan setelah DPR hanya merestui kepemilikan saham Inalum oleh Pemda Sumut maksimum 30%, pihaknya akan tetap melanjutkan MoU yang telah disepakati dengan Pemda Sumut.

Awalnya, Pemda Sumut ingin mengakuisisi 100% saham Inalum yang dimiliki oleh pihak Jepang yang diwakili oleh Nippon Asahan Aluminium (NAA) sebesar 58,87%.

"Niat kami untuk membantu daerah Sumut. Karena perlu diketahui bahwa kami juga berasal dari sana. Ini kepentingan daerah," katanya kepada Bisnis, Senin (28/10/2013).

Dia mengatakan dalam MoU yang telah disepakati bersama Pemda Sumut, akan didanai dari pihak swasta. Pemda Sumut dan pihak swasta akan membentuk usaha patungan berbentuk Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

Masing-masing pihak, akan patungan dana untuk mengakuisisi saham Inalum. Saat balik modal, utang dari pihak swasta akan dibayarkan oleh Pemda Sumut dengan kompensasi kepemilikan saham pemda akan terus bertambah hingga 100% dari 58,87%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Sukirno
Editor : Yusran Yunus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper