Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Operator Kapal Offshore Butuh Dukungan Perbankan Nasional

Bisnis.com, JAKARTA- Operator kapal penunjang operasi lepas pantai (offshore) mengharapkan kalangan perbankan nasional lebih aktif menyalurkan pendanaan kepada perusahaan yang bergerak pada sektor ini.Direktur PT Logindo Samuderamakmur, operator kapal

Bisnis.com, JAKARTA- Operator kapal penunjang operasi lepas pantai (offshore) mengharapkan kalangan perbankan nasional lebih aktif menyalurkan pendanaan kepada perusahaan yang bergerak pada sektor ini.

Direktur PT Logindo Samuderamakmur, operator kapal offshore, Rudy Kusworo mengatakan dukungan perbankan nasional kepada operator kapal domestik masih cenderung rendah, padahal potensi sektor offshore semakin menjanjikan seiring dengan penerapan azas cabotage. 

"Apalagi dua tahun kedepan seluruh kegiatan offshore termasuk kegiatan konstruksi lepas pantai dan survei seismik tidak bisa lagi dilakukan oleh kapal asing. Sehingga kami butuh dukungan perbankan dengan porsi yang jauh lebih besar," ujarnya, Kamis (10/10/2013). 

Rudy mencontohkan, untuk pengadaan kapal offshore jenis Anchor Handling Tug Supply (AHTS) PT Logindo, porsi pendanaan dari perbankan asing mencapai 70% dari total US$150 juta atau sekitar Rp1,68 triliun untuk belanja modal perseroan terkhusus pengadaan kapal offshore pada 2013 dan 2014. 

"Kami berharap perbankan nasional bisa lebih melirik sektor ini [offshore], agar kebutuhan kapal bisa segera teratasi sesuai dengan penerapan azas cabotage," kata Rudy. (ltc)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper