Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Anderson Tanoto: Pasar Kertas Dunia Masih Prospektif

Bisnis.com, PEKANBARU – Salah satu petinggi Raja garuda Mas yang juga putra Sukanto Tanoto –yang versi majalah Forbes menjadi orang terkaya kelima di Indonesia dengan kekayaan US$2,8 Miliar--  Anderson Tanoto mengatakan  pasar kertas

Bisnis.com, PEKANBARU – Salah satu petinggi Raja garuda Mas yang juga putra Sukanto Tanoto –yang versi majalah Forbes menjadi orang terkaya kelima di Indonesia dengan kekayaan US$2,8 Miliar--  Anderson Tanoto mengatakan  pasar kertas dunia masih tetap prospektif karena permintaan tinggi dari China dan India.

Meski begitu, permintaan dari AS dan Eropa cenderung stagnan. "Dunia sekarang membutuhkan kertas sebesar 391 juta ton per tahun. Dari jumlah itu sebesar 156 ton atau 40%  dihasilkan oleh Asia dengan konsumsi hanya 24%  atau 46 juta ton," katanya, Senin (19/8/2013).

Perseroan Terbatas (PT) Riau Andalan Pulp and Paper di Kabupaten Pelalawan, Riau, baru bisa memproduksi 8.000.000--10.000.000 ton per tahun. "Peluang kita masih sangat besar di pasar Asia," katanya.

Badan Pusat Statistik menyatakan nilai ekspor bubur kertas (pulp) di Provinsi Riau selama Januari hingga Mei 2013 mencapai US$563 juta  dan mengalami kenaikan sebesar US$74,48 juta  dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu.

“Kontribusi ekspor bubur kertas terhadap total ekspor nonmigas Riau pada periode Januari--Mei 2013 mencapai 12,03%," kata Kepala BPS Provinsi Riau Mawardi Arsyad di Pekanbaru, Senin (19/8/2013).

Ekspor pulp berada para peringkat kedua tertinggi dalam ekspor nonmigas Riau, di bawah minyak sawit mentah (CPO). Ekspor pada  Mei 2013 mencapai US$125,6 juta, yang naik US$10,75 juta  dari April.

Riau merupakan produsen pulp terbesar di Indonesia, berkat keberadaan dua perusahaan raksasa yang salah satunya adalah PT Riau Andalan Pulp and Paper.

Selain itu, dia mengatakan bahwa ekspor kertas dan karton pada  Mei juga meningkat US$14,52 juta  sehingga mencapai US$105 juta  jika dibandingkan dengan ekspor pada  April. Ia mengatakan  ekspor nonmigas Riau pada  Mei 2013 mencapai US$1,071 miliar  atau naik 43,46%  dibanding ekspor pada  April sebesar US$747,09 juta. (Antara)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper