Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kemenkop Kembangkan Usaha Karbon Aktif di Minahasa

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Koperasi dan UKM mengoptimalkan bantuan dana bagi koperasi yang memproduksi karbon aktif dari tempurung kelapa mengingat kebutuhan komoditas itu di pasar domestik sangat besar, namun sebagian besar masih diimpor.Salah

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Koperasi dan UKM mengoptimalkan bantuan dana bagi koperasi yang memproduksi karbon aktif dari tempurung kelapa mengingat kebutuhan komoditas itu di pasar domestik sangat besar, namun sebagian besar masih diimpor.

Salah satu koperasi yang mendapat bantuan dana itu yakni Koperasi Produsen Tani Makmur di Minahasa, Sulawesi Utara.

"Proses pembangunan usaha pengolahan karbon aktif di Minahasa sudah mencapai 90%. Komoditas itu diperlukan perusahaan tambang emas di Sulut, yang selama ini masih mengimpor dari Filipina," kata Braman Setyo, Deputi Bidang Produksi Kementerian Koperasi dan UKM, Selasa (20/8/2013).

Dia menjelaskan program pengembangan usaha itu masuk dalam agenda inisiatif baru Kementerian Koperasi dan UKM periode 2014. Pengembangan usaha karbo aktif juga didukung pemerintah lokal serta perusahaan yang membutuhkan karbon aktif.
 
Karbon aktif dibuat dari  tempurung kelapa yang sudah diolah menjadi karbon aktif. Manfaat dari karbon aktiof adalah untuk menghilangkan belerang, gas beracun, bau busuk, asap dan pencegahan racun.

Komoditas ini dipergunakan pada industri pengolahan gas alam cair (LNG), pembersih udara pada ruangan dengan kandungan uap air dan gas berbau seperti pada mobil, kamar pendingin, botol obat-obatan serta peralatan yang dilindungi dari proses karat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Yusran Yunus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper