Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kemenkop Budayakan Sidak Usai Libur

Bisnis.com, JAKARTA— Kementerian Koperasi dan UKM ke depan membudayakan inspeksi mendadak atau sidak menyusul kesuksesan kehadiran pegawai instansi tersebut mencapai 96% pada pasca hari pertama seusai Hari Raya Lebaran 2013. ”Selanjutnya

Bisnis.com, JAKARTA— Kementerian Koperasi dan UKM ke depan membudayakan inspeksi mendadak atau sidak menyusul kesuksesan kehadiran pegawai instansi tersebut mencapai 96% pada pasca hari pertama seusai Hari Raya Lebaran 2013.

”Selanjutnya sidak akan dilakukan rutin setiap tahun setelah libur Hari Raya Idul Fitri, Idul Adha maupun tahun baru,” kata Menteri Koperasi dan UKM Sjarifuddin Hasan kepada wartawan seusai melakukan sidak ke tiga kantor jajarannya, Senin (12/8/2013).

Tiga kantor yang dikunjungi Sjarifuddin Hasan masing-masing di Jl. MT Haryono, di Jl. Gatot Subroto (Gedung SME Tower), dan Gedung Utama Kementerian Koperasi dan UKM di Jalan Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan.

Kehadirannya di Jalan MT Haryono untuk sidak ke Deputi Bidang Pegkajian Sumberdaya KUMK dan Deputi Bidang SDM. Di lokasi sama juga melakukan sidak ke Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB) yang merupakan satuan unit kerja Kementerian Koperasi dan UKM.

Sidak dimulai pk.08.00 WIB di Jalan MT.Haryono, dan dilanjutkan ke Gedung SME Tower pada pk.08.30 wib. Selanjutnya mengarah ke Gedung Utama Kementeian Koperasi dan UKM di Jalan Rauna Said, Jakarta Selatan pada pk.08.40 WIB.

Menteri mengatakan puas atas tingkat kehadiran PNS pada jajarannya setelah cuti bersama selama sepekan merayakan Idul Fitri 2013. Tingkat kehadiran itu diniallinya lebih bagus dibandingkan tahun sebelumnya.

Monitoring tingkat kehadiran PNS dilakukannya melalui absensi pada setiap unit kerja serta secara keseluruhan pada tiga lokasi kerja unit instansi yang dipimpinnya. Dia mengatakan puas atas tingkat kehadiran tersebut.

Bagi PNS yang belum masuk karena cuti dinilainya wajar, akan tetapi bagi yang tidak masuk, akan diberi teguran keras berupa sanksi. Khususnya menyangkut karier untuk ke depan. Ini diberlakukan, karena disiplin kerja merupakan bagian dari integritas PNS yang telah disepakati bersama.

”Oleh karena itu sidak akan dijadikan budaya di instansi ini setiap kali libur kerja seperti Hari Raya Idul Fitri, Idul Adha, dan Tahun Baru. Sidak juga merupakan bagian dari silaturahmi, memberi apresiasi sekaligus memotivasi karyawan bekerja.”

Sidak yang dilakukan Sjarifuddin Hasan didampingi Kepala Biro Umum, Sutarjo bersama Kepala Bagian Hubungan Masyarakat, Budi Mustopo. Dari 7 unit kedeputian Kementeian Koperasi dan UKM, seluruhnya hadir pada sidak tersebut. (ltc)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper