Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mudik Lebaran, Citilink Tambah 120.000 Kursi

Bisnis.com, JAKARTA — Maskapai low cost carrier, Citilink Indonesia, menyiapkan 120.000 kursi dalam penerbangan tambahan atau extra flight guna mengakomodasi perjalanan angkutan mudik selama Lebaran tahun ini.

Bisnis.com, JAKARTA — Maskapai low cost carrier, Citilink Indonesia, menyiapkan 120.000 kursi dalam penerbangan tambahan atau extra flight guna mengakomodasi perjalanan angkutan mudik selama Lebaran tahun ini.

Aristo Kristandyo, VP Marketing and Communication Citilink Indonesia, mengatakan dalam mengantisipasi lonjakan penumpang saat Lebaran tahun ini, perseroan juga sudah menyiapkan kursi tambahan.

“Kami siapkan 120.000 kursi selama Lebaran dan ada 16 frekuensi tambahan dalam mengakomodasi perjalanan mudik tahun ini,” katanya di Jakarta, Jumat  (19/7/2013).

Dalam keterangan resminya, Direktur Utama Citilink Indonesia Arif Wibowo mengatakan penambahan hingga 120.000 kursi selama Lebaran itu guna meningkatkan optimalisasi penggunaan 22 pesawat Airbus A320.

Selain itu, penambahan extra flight dari anak usaha PT Garuda Indonesia Tbk ini juga untuk mengantisipasi lonjakan penumpang pada Lebaran tahun ini. Tambahan 120.000 kursi itu termasuk dari pengadaan 16 frekuensi penerbangan tambahan yang meliputi rute Jakarta-Surabaya (CGK- SUB) dan Jakarta–Padang (CGK – PDG).

“Setelah menambah frekuensi di lima rute pada awal Juli ini, kami menambah frekuensi penerbangan kembali untuk memaksimalkan optimalisasi setiap pesawat Airbus A320 yang dioperasikan oleh Citilink,” katanya.

Pihaknya meyakini alokasi penerbangan tambahan itu akan mampu melayani tingginya permintaan masyarakat selama periode Lebaran. Dia mengatakan rute Jakarta–Surabaya PP kini menjadi 18 kali dari 12 kali per hari dan Jakarta–Padang PP menjadi lima kali dari tiga kali per hari.

Selain itu, Arif yakin dengan adanya 7.500 gerai Alfamart dan 500 gerai Alfamidi sebagai alternatif sarana pembayaran tiket Citilink selain mengandalkan jaringan internet dan ATM, perseroan bisa menjadi maskapai pilihan masyarakat dari segala kalangan di Indonesia. “Kami terus mewujudkan komitmen untuk mengutamakan kemudahan dan kenyamanan masyarakat,” pungkas Arif.

Aristo mengatakan dengan penambahan frekuensi pada dua rute itu, Citilink yang saat ini menggunakan 22 armada Airbus A320 terbaru, melayani 21 rute domestik dengan 19 kota tujuan dan 130 frekuensi penerbangan ke berbagai kota di Indonesia setiap hari.

Kepala Pusat Komunikasi Publik Kemenhub Bambang S Ervan memperkirakan pengajuan extra flight dilakukan oleh maskapai penerbangan baik rute domestik dan internasional biasaya pada H-14 atau H-10 seiring dengan upaya mengkaji rute potensial.

Pengajuan tambahan penerbangan, katanya, secara tahunan biasa dilakukan oleh maskapai baik untuk rute domestik maupun internasional. “Rata-rata diterima. Mereka mengajukan rute pasti mereka akan lihat kondisinya, permintaan penumpang, kalau tidak siapa yang akan diangkut,” katanya.

Induk usaha Citilink, Garuda Indonesia juga sudah menyiapkan 15.354 kursi tambahan yang terbagi dalam 88 penerbangan ekstra di sejumlah rute domestik dan internasional selama periode H-7 hingga H+7 lebaran.

Penerbangan extra Garuda itu dialokasikan pada rute domestik di antaranya dari Jakarta ke Jogjakarta, Padang, dan Denpasar. Rute internasional juga dilayani dari Jakarta menuju Singapura, Bangkok, Hongkong, Korea, dan dari Jepang (Narita, Haneda, dan Osaka) ke Denpasar.

Adapun dua maskapai lain juga sudah mempersiapkan extra flight yakni Sriwijaya Air sebanyak 46.000 kursi tambahan dan Lion Air memiliki kapasitas penambahan penumpang mencapai 40.000 kursi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : M. Tahir Saleh
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper