Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tiga Maskapai Buka Rute Surabaya-Singapura

Bisnis.com, SURABAYA - Maskapai Garuda Indonesia, AirAsia, dan Singapore Airlines meramaikan jalur penerbangan Surabaya-Singapura.
Miftahul Ulum
Miftahul Ulum - Bisnis.com 15 Juli 2013  |  21:21 WIB
Tiga Maskapai Buka Rute Surabaya-Singapura

Bisnis.com, SURABAYA - Maskapai Garuda Indonesia, AirAsia, dan Singapore Airlines meramaikan jalur penerbangan Surabaya-Singapura.

Kunjungan wisatawan dan mobilitas pebisnis melatar-belakangi ekspansi itu. Rute yang sama sebelumnya diisi Silkair dengan penerbangan dua kali dalam sehari.

General Manager Garuda Indonesia Surabaya Ari Suryanta menguraikan permintaan rute baru memang cukup besar. Setidaknya itu berdasar masukan dari penumpang.

"Banyak pebisnis yang bilang mencari tiket Garuda sulit, sehingga kami mempertimbangkan membuka rute baru," jelasnya, Senin (15/7/2013).

Rute yang resmi dioperasikan 19 Juli mendatang itu menggunakan pesawat Boeing 737 NG berkapasitas 162 kursi. Tarif promosi sedianya ditetapkan US$130. 

Dijadwalkan pesawat berangkat dari Juanda Surabaya pukul 08.45 WIB dan kembali ke Indonesia pukul 20.45 waktu Singapura. 

Selain Garuda, Singapore Airlines juga mengoperasikan Airbus A330s berkapasitas 265 kursi pada 26 Juli mendatang. Perseroan menyebutkan pertumbuhan ekonomi dan wisata yang mendorong pembukaan rute itu.

Jadwal dalam situs Singapore Airlines menyebut pesawat SQ930 berangkat dari Singapura 07.50 waktu setempat dan tiba di Surabaya 09.10 WIB. Adapun SQ931 berangkat dari Surabaya 10.30 WIB dan tiba di Singapura 13.35 waktu setempat.

Berdasar data Badan Pusat Statistik Jawa Timur, wisatawan mancanegara yang datang ke Jawa Timur pada Mei 2013 sebanyak 18.128 orang. Dari jumlah itu, 3.635 orang warga negara Malaysia dan 1.872 warga negara Singapura. 

Sementara, Air Asia mulai Senin kemarin mengoperasikan penerbangan Surabaya ke Singapura. Penerbangan perdana berangkat dari Surabaya 07.30 WIB dan berangkat dari Singapura pukul 11.10 waktu setempat.

Presiden Direktur Air Asia Indonesia Dharmadi menguraikan rute baru diharapkan menghubungkan kota terbesar kedua di Indonesia dengan negara tujuan bisnis dan wisata.

"Singapura merupakan negara penting, karena itu kami memutuskan untuk mengoperasikan rute itu," tambahnya.

Ditanya soal persaingan, ia membenarkan persaingan maskapai rute ke Singapura cukup keras. Meski demikian pertumbuhan pasar cukup kuat, terlihat penerbangan Jakarta-Surabaya ada 55 kali.

"Kalau dari Surabaya-Singapura lebih murah dibanding Jakarta Singapura," urainya menguraikan soal potensi bisnis di rute yang baru dibukanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

airasia garuda indonesia singapura surabaya singapore airlines
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top