Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Gita Wirjawan: Bahan Pokok Langka Pasti Ulah Spekulan

BISNIS.COM, JAKARTA--Menteri Perdagangan Gita Wirjawan menjamin pasokan kebutuhan bahan pokok mencukupi hingga akhir Lebaran. Jika terjadi kelangkaan pasokan,  dia yakin itu lebih disebabkan ulah spekulan yang bermain curang dan ingin meraup untung
- Bisnis.com 23 Juni 2013  |  16:58 WIB
Gita Wirjawan: Bahan Pokok Langka Pasti Ulah Spekulan
Bagikan

BISNIS.COM, JAKARTA--Menteri Perdagangan Gita Wirjawan menjamin pasokan kebutuhan bahan pokok mencukupi hingga akhir Lebaran. Jika terjadi kelangkaan pasokan,  dia yakin itu lebih disebabkan ulah spekulan yang bermain curang dan ingin meraup untung secara sepihak. 

Namun, Gita mengaku mendapatkan masukan dari beberapa asosiasi pengusaha untuk mengantisipasi spekukasi dengan mengimpor beberapa bahan kebutuhan pokok, seperti bawang putih dan cabai.  "Nanti kita pantau dulu bagaimana kondisi lapangan," lanjutnya, Sabtu (21/6/2013).

Saat ini, konsumsi bawang putih dan bawang merah di dalam negeri masing-masing 400.000 ton per tahun, tetapi ketersediaan pasokan bawang merah dinilai masih sangat mencukupi. "Tetapi kalau bawang merah kan pasokan dari dalam negeri itu sekitar 800.000—900.000 ton, sehingga lebih dari cukup," tegasnya.  

Data Kemendag menyebutkan volume pasokan sejumlah bahan kebutuhan pokok saat ini meningkat hingga 300% dari kondisi normal. Peningkatan pasokan terutama untuk jenis makanan dan minuman olahan serta pakaian. Saat ini sebagian besar stok barang kebutuhan tersebut sudah berada di lini 4, yaitu distributor satu tingkat sebelum pedagang eceran.

Untuk menjaga stabilitas pasokan dan harga bahan kebutuhan pokok, kata Gita, pemerintah akan melakukan intervensi, misalnya dengan menggelar pasar murah dan pasar rakyat serta kegiatan operasi pasar terhadap bahan kebutuhan pokok.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bawang merah mendag gita wirjawan bahan kebutuhan pokok
Editor :
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top