Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PELAYARAN: Kemenhub Tak Kompromi Soal Keselamatan

BISNIS.COM, JAKARTA: Kementerian Perhubungan mengimbau aparatnya diseluruh pelabuhan untuk tidak berkompromi dalam hal pengawasan yang berkaitan dengan keselamatan pelayaran. Disisi lain operator pelayaran diminta berpartisipasi aktif menjaga keselamatan

BISNIS.COM, JAKARTA: Kementerian Perhubungan mengimbau aparatnya diseluruh pelabuhan untuk tidak berkompromi dalam hal pengawasan yang berkaitan dengan keselamatan pelayaran. Disisi lain operator pelayaran diminta berpartisipasi aktif menjaga keselamatan berlayar serta tidak hanya mementingkan keuntungan bisnis saja.

Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Bobby R.Mamahit mengatakan, keselamatan pelayaran tidak bisa diabaikan dan harus menjadi prioritas utama bagi semua pihak.

Bagi Pemerintah, ujar dia, dalam hal ini Direktorat Jenderal Perhubungan Laut  selaku regulator wajib mengingatkan agar para operator kapal harusmengedepankan keselamatan pelayaran dibandingkan untuk mendapatkan profit oriented saja.

“Aparat Perhubungan Laut khususnya yang bertugas di lapangan juga harus dapat dapat saling bekerja sama dan tidak melakukan kompromi dalam pengawasan keselamatan pelayaran. Begitu pula bagi para penumpang maupun pemilik barang harus patuh terhadap aturan atau tidak memaksakan kehendak untuk naik atau membawa barang berlebihan yang berakibat kapal menjadi overload,” ujar Bobby melalui siaran pers Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub hari ini, Jumat (14/6/2013).

Dia menyampaikan himbauan itu dalam rangka Kampanye Keselamatan Pelayaran yang diselenggarakan bertepatan dengan Peringatan Hari Pelaut Sedunia 2013 yang diperingati setiap bulan Juni.

Menurut Bobby, Kampanye Keselamatan Pelayaran juga merupakan bentuk tanggung jawab pemerintah dalam  mewujudkan transportasi laut yang aman, nyaman, selamat dan tidak hanya menjadi kebutuhan tetapi harus dijadikan budaya.

Upaya penanganan keselamatan pelayaran yang selama ini dilakukan diharapkan bukan hanya dalam bentuk penangangan musibah yang bersifat reaktif saja, tetapi harus dilakukan pada tindakan-tindakan pencegahan (preventif) yang terkelola, sehingga apa yang menjadi semboyan Kementerian Perhubungan yaitu menuju Zero to Accident  dapat terwujud. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akhmad Mabrori
Editor : Sutarno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper