Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PROYEK MRT: Belum Miliki Amdal Kuat

BISNIS.COM, JAKARTA - Proyek transportasi publik mass rapid transit (MRT) dinilai belum memiliki amdal (analisis dampak lingkungan) yang kuat.Menurut Arsitektur Perkotaan Nirwono Yoga, proyek tersebut sangat bagus untuk mendukung mobilitas masyarakat
Peni Widarti
Peni Widarti - Bisnis.com 06 Juni 2013  |  16:07 WIB

BISNIS.COM, JAKARTA - Proyek transportasi publik mass rapid transit (MRT) dinilai belum memiliki amdal (analisis dampak lingkungan) yang kuat.

Menurut Arsitektur Perkotaan Nirwono Yoga, proyek tersebut sangat bagus untuk mendukung mobilitas masyarakat perkotaan dan mengurai kemacetan.

"Saya setuju dengan MRT, namun ada hal yang sangat disayangkan karena proyek itu tidak didukung oleh amdal (analisis dampak lingkungan) yang kuat," katanya saat dihubungi Bisnis, Kamis (6/6/2013).

Dia menjelaskan, amdal tersebut tidak hanya berdasarkan lingkungan alam tapi juga pertimbangan sosial dan ekonomi masyarakat di sekitar MRT.

"Kalau amdal sosial dibuka secara gamblang, maka tidak mungkin terjadi penolakan seperti dari warga Fatmawati,” ujarnya.

Lanjut Nirwono, sejauh ini amdal dalam proyek besar tersebut belum pernah dipublikasikan kepada masyarakat luas dan belum ada rencana masterplan ruang kiri dan kanan bagi masyarakat dan pengembang.

“Seharusnya itu [masterplan dan amdal] harus dikerjakan sebelum pelaksaan fisik dilakukan,” katanya.  (ra)



Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mrt mass rapid transit proyek mrt
Editor : Rustam Agus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top