Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

TOL SOLO MANTINGAN KERTOSONO: Gunakan Loan China US$300 juta

BISNIS.COM, JAKARTA--Kepala Biro Perencanaan dan Hubungan Luar Negeri Kementerian PU Rido Matari Ichwan menuturkan pembangunan tol Solo-Mantingan-Kertosono menggunakan loan China dengan skema public private partnership (PPP) dengan PT Theis Contractors

BISNIS.COM, JAKARTA--Kepala Biro Perencanaan dan Hubungan Luar Negeri Kementerian PU Rido Matari Ichwan menuturkan pembangunan tol Solo-Mantingan-Kertosono menggunakan loan China dengan skema public private partnership (PPP) dengan PT Theis Contractors Indonesia.

PPP untuk dua ruas tol trans Jawa sepanjang 177 km itu, pemerintah akan mendukung 30% dari total nilai investasi yang mencapai Rp8,97 triliun. Konstruksi dua ruas tol trans Jawa itu diperkirakan akan dimulai pada akhir tahun setelah tanah dan loan siap.

"Loan dari China diusulkan US$300 juta. Ini masih dalam proses, pembebasan lahan juga sangat progresif," jelasnya.

Adapun Bertindak sebagai pemegang konsesi untuk ruas Solo-Mantingan ialah PT Solo-Ngawi Jaya. Sementara ruas Mantingan-Kertosono ditangani oleh PT Ngawi-Kertosono Jaya. Kedua BUJT itu merupakan anak usaha dari PT Theiss Contractors Indonesia.

Sementara Direktur Utama PT Solo Ngawi Jaya dan PT Ngawi Kertosono Maria Wahono mengungkapkan pihaknya menargetkan konstruksi untuk ruas Solo-Mantingan dapat dilakukan tahun ini.

“Untuk yang Mantingan-Kertosono mungkin akan belakangan. Kita sedang siapkan finansial closed untuk untuk ruas Solo-Mantingan. Intinya pembebasan tahan berjalan dan kita kerjakan,” ujarnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Thomas Mola
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper