Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

AGRIBISNIS: Ini Dia Tips Mempertahankan Mutu Pisang

BISNIS.COM, BOGOR: Peneliti dari Departemen Agronomi dan Hortikultura Fakultas Pertanian IPB, DR.Winarso Drajad Widodo, mengatakan bahwa salah satu cara untuk memperpanjang masa simpan dan mempertahankan mutu pisang adalah melalui penanganan pasca panen

BISNIS.COM, BOGOR: Peneliti dari Departemen Agronomi dan Hortikultura Fakultas Pertanian IPB, DR.Winarso Drajad Widodo, mengatakan bahwa salah satu cara untuk memperpanjang masa simpan dan mempertahankan mutu pisang adalah melalui penanganan pasca panen yang tepat.

“Penanganan pasca panen menjadi bagian penting dari sistem pemasaran produk hortikultura yang dikenal sebagai produk yang mudah rusak. Keberhasilan sistem ini sangat bergantung diantaranya pada kemampuan untuk memodifikasi proses pemasakan yang terjadi selama penyimpanan dan pemasaran.

Perlakuan pasca panen pisang dapat dilakukan dengan cara menghambat proses enzimatis yang dapat meminimalkan laju respirasi dan transpirasi sehingga daya simpan buah dapat maksimal,” kata Dr. Winarso yang didampingi Dr. Ketty Suketi di Kampus IPB, Selasa (23/4/2013).

DR Winarso telah melakukan penelitian yang dilakukan di Laboratorium Postharvest  IPB beberapa waktu lalu.

Bahan utama yang digunakan dalam percobaan ini adalah buah pisang Raja Bulu yang dipanen pada derajat ketuaan matang penuh, ditandai dengan warna buah yang masih hijau dengan siku masih terlihat jelas. (ra)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Herry Suhendra
Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper