Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

SERTIFIKASI BATIK: Minat Pengusaha Masih Rendah

BISNIS.COM, JAKARTA--Meskipun pemerintah telah menyiapkan sertifikasi BatikMark untuk melindungi produk batik nasional, namun keinginan pengusaha untuk mengikuti program tersebut masih rendah.Euis Saedah, Direktur Jendral Industri Kecil dan Menengah
Ismail Fahmi
Ismail Fahmi - Bisnis.com 23 April 2013  |  15:42 WIB

BISNIS.COM, JAKARTA--Meskipun pemerintah telah menyiapkan sertifikasi BatikMark untuk melindungi produk batik nasional, namun keinginan pengusaha untuk mengikuti program tersebut masih rendah.

Euis Saedah, Direktur Jendral Industri Kecil dan Menengah Kementerian Perindustrian, mengungkapkan saat ini baru 106 perajin batik nasional yang mendapatkan sertifikasi tersebut.

"Kami sudah jalan 6 tahun untuk program tersebut, tetapi memang belum maksimal," ungkapnya, Selasa (23/4).

Dia menuturkan penyebab rendahnya minat pengusaha untuk mendapatkan sertifikat BatikMark adalah beberapa perajin sudah memiliki konsumen tetap sehingga menganggap sertifikasi tersebut kurang bermanfaat.

Padahal, lanjutnya, sertifikasi ini berguna untuk melindungi konsumen dari maraknya impor produk batik palsu asal China yang jumlahnya kian meningkat dari tahun ke tahun.

“Peredaran batik murah dari China sangat merugikan perajin batik dari Indonesia. Pasalnya, produk yang dipasarkan tidak memenuhi standar dan kaulitasnya sangat buruk,” katanya.

Euis mengungkapkan  pada akhirnya semua pilihan akan dikembalikan ke konsumen untuk menggunakan produk yang bersertifkat BatikMark karena sudah memenuhi standar yang ditetapkan Kemenperin.

Meskipun saat ini konsumen semakin pintar dalam memilih produk batik yang berkualitas, dia tetap mengingatkan konsumen tetap berhati-hati akan maraknya peredaran produk palsu.

"Akhirnya nanti kita kembalikan ke konsumen. Apakah mereka memilih pakai BatikMark atau yang tidak," ungkapnya. (if)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

batik sertifikasi kemenperin batikmark

Sumber : Maftuh Ihsan

Editor : Ismail Fahmi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top